Google Photos Rilis Widget ‘Memories’ Buat Beberapa Pengguna, Pamerkan Foto Koleksimu di Halaman Depan
Fitur widget Memories dari Google Photos (Voonze)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bulan Juni lalu, XDA-Developers melaporkan bahwa aplikasi Google Photos untuk Android sedang bersiap menambahkan fitur widget baru untuk tampilan Halaman Depan. Disebut ‘Memories’ atau ‘Kenangan’, fitur ini sebelumnya sudah tersedia dalam versi iOS sejak tahun lalu.

Meskipun kode dari fitur tersebut sudah hadir di dalam aplikasi, perusahaan masih belum meluncurkannya untuk pengguna yang lebih luas. Namun, tampaknya, Google sudah mulai merilis fitur tersebut untuk sejumlah pengguna atau produk terpilih saja. 

Seperti yang dilaporkan channel Telegram bernama Google Pixel, widget bernama ‘Your Memories’ ternyata sudah dirilis ke beberapa produk. Terutama untuk ponsel yang sudah menjalankan aplikasi Google Photos versi v5.52.0.0387241369.

Contoh widget Memories (XDA-Developers)

Agar Anda lebih mengenali, ‘Your Memories’ merupakan widget pada halaman muka ponsel berisi album foto yang ditampilkan secara otomatis. Foto tersebut tampil dengan ukuran yang lebih kecil dan akan berganti secara otomatis –menyesuaikan jumlah foto yang tersimpan dalam album dan dijadikan sebagai widget.

Melalui fitur widget baru ini, pengguna Android bisa memamerkan koleksi foto hasil jepretan sendiri pada Halaman Depan. Seperti yang ditunjukkan pada tangkapan layar di bawah, widget ‘Your Memories’ bisa diakses lewat menu ‘Koleksi Widget’.

Ukuran standar dari widget tersebut yakni 2x2 –yang memang relatif kecil. Tapi, pengguna diberi kebebasan untuk menyesuaikan ukuran widget. Cara mengatur ukurannya mudah saja. Cukup tekan lalu usap bagian pointer yang terletak pada bingkai widget.

Tarik pointer untuk membesarkan ukuran, dan cubit untuk mengecilkan.Ya, gerakannya mirip seperti saat Anda ingin memperbesar atau memperkecil ukuran gambar yang tampil di layar ponsel.

demo widget Memories dari Google Photos (XDA-Developers)

Mirip seperti karosel ‘Memories’ yang tersedia di dalam aplikasi Google Photos, widget ini hanya akan menampilkan album foto dalam bentuk slideshow. Untuk sementara waktu, widget Google Photos cuma bisa menampilkan ‘Memories’ dari ‘Minggu Ini’ dan ‘Satu tahun lalu’. 

Tapi, tidak menutup kemungkinan bahwa bakal lebih banyak jenis foto yang didukungan. Terutama saat Google Photos mendukung untuk tipe ‘Memories’ lain seperti ‘Yang Terbaik Bulan ini’, ‘Sorotan Perjalanan’, ‘Perayaan’, dan masih banyak lagi. 

Perlu dicatat, widget ‘Memories’ belum diluncurkan secara luas. Bahkan, di ponsel penulis pun belum ada. Jadi, jika Anda ingin mencoba, harap tunggu dan sabar dulu.