Apple Hadirkan Kemampuan Hilangkan Flare Pada Foto di iOS 15 Versi Beta 4
Banyak pengguna iPhone sudah terbiasa dengan flare (foto: Patrick Robert Doyle / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dua bulan sudah Apple merilis versi beta dari iOS 15, dan sekarang versi beta 4, perusahaan membawa sedikit peningkatan halus pada kemampuan fotografinya.

Peningkatan ini diketahui dari laporan 9to5Mac, Kamis 5 Agustus, dapat menghapus suar lensa atau flare yang mungkin muncul di gambar yang diambil di luar ruangan.

Sejatinya, banyak pengguna iPhone sudah terbiasa dengan flare yang selalu muncul apabila mengambil gambar dengan sumber cahaya di dalam bidikan. Namun dengan peningkatan ini, flare tidak akan terlihat lagi.

Meski demikian, belum diketahui apakah peningkatan ini dapat digunakan untuk semua model iPhone. Akan tetapi iPhone 12 Mini dipastikan sudah mendukung kemampuan fotografi yang ditingkatkan versi beta ini.

Tetapi, salah satu pengguna Reddit juga melaporkan penghapusan flare terjadi di iPhone XS mereka, adapula yang mengatakan kemampuan baru itu tidak berfungsi di iPhone 8 Plus. Kemungkinan, kemampuan baru ini masih sangat terbatas pada ponsel dengan prosesor A12 Bionic atau yang lebih baru (XS, XR, dan seterusnya).

Sayangnya, kemampuan menghapus flare ini mungkin tidak akan tersedia untuk merekam video. Sebab, menghapus flare dari 30 atau 60 bingkai per detik rekaman 4K akan sedikit lebih intensif secara komputasi, dan memiliki peluang lebih besar untuk terlihat agak aneh.

Jadi, tidak mengherankan apabila fitur ini hanya datang untuk foto. Setidaknya, Apple tampak berusaha menghilangkan flare yang selama ini mungkin mengganggu pegiat fotografi ponsel.

Selain kemampuan menghapus flare, dengan iOS 15, Apple memberikan banyak perhatian pada fitur kamera di FaceTime. Mode video potret (latar belakang blur) dan penyesuaian mikrofon isolasi suara adalah fungsi utama yang akan datang pada sistem operasi iPhone terbaru itu. Ada juga fitur Live Text baru yang memungkinkan pengguna menyalin teks, nomor telepon, dan alamat dari foto yang diambil.