Bagikan:

JAKARTA - Google Photos akan segera menghadirkan pembaruan yang mempermudah proses menyembunyikan wajah seseorang dari fitur Memories. Bagi banyak orang, tidak semua foto di perpustakaan Google Photos adalah kenangan yang menyenangkan. Hubungan bisa berakhir, persahabatan bisa putus, dan terkadang foto yang dulu membawa kebahagiaan sekarang hanya membawa kesedihan.

Google kini menyediakan berbagai alat untuk menyembunyikan orang di seluruh aplikasi Photos, mencegah mereka muncul di feed Memories, atau jika perlu, menyembunyikan foto mereka di seluruh perpustakaan. Berkat analisis APK terbaru dari aplikasi ini, publik sekarang tahu bahwa Google akan membuat proses penyembunyian ini menjadi lebih mudah dalam waktu dekat.

Pada Google Photos versi saat ini di Android (v6.92), jika Anda ingin menyembunyikan wajah, Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka foto dan geser ke atas untuk melihat metadata-nya.
  2. Ketuk wajah yang muncul di bagian People.
  3. Di perpustakaan untuk orang tersebut, ketuk menu tiga titik di kanan atas.
  4. Ketuk Hide face from memories.
  5. Pilih untuk menampilkan orang tersebut lebih jarang atau menyembunyikannya sepenuhnya sehingga gambar apapun dengan mereka diblokir dari muncul di Memories.

Anda juga bisa melakukannya dengan membuka Photos, mengetuk avatar Anda di kanan atas, dan pergi ke Photos settings > Preferences > Memories > Hide people and pets. Meskipun kedua proses tersebut cukup mudah, keduanya bisa lebih baik. Misalnya, pada metode pertama, navigasi menjauh dari foto yang Anda mulai cukup merepotkan, dan jika Anda ingin menyembunyikan beberapa wajah, melompat bolak-balik akan sangat menyusahkan.

Metode kedua lebih baik untuk menyembunyikan wajah secara massal, tetapi akan menjadi proses yang rumit jika Anda kebetulan melihat foto dan ingin menyembunyikan seseorang dari foto tersebut.

Namun, sekarang kita melihat metode baru dari Google. Langkah-langkah baru ini terlihat seperti ini:

  1. Buka foto dan geser ke atas untuk melihat metadata-nya.
  2. Ketuk tiga titik di samping wajah yang muncul di bagian People.
  3. Ketuk Hide face from memories.
  4. Pilih untuk menampilkan orang tersebut lebih jarang atau menyembunyikannya sepenuhnya sehingga gambar apapun dengan mereka diblokir dari muncul di Memories.

Proses baru ini jauh lebih mudah, membutuhkan lebih sedikit ketukan, dan memungkinkan Anda untuk dengan cepat menyembunyikan wajah secara massal langsung dari sebuah foto jika diperlukan. Secara praktis, Anda juga dapat mengedit label untuk wajah tersebut atau mengubah foto sampul mereka menggunakan metode yang sama.

Seperti biasa, kita tidak tahu kapan fitur ini akan benar-benar diluncurkan di aplikasi Photos. Mengingat fitur ini terlihat sudah hampir selesai, kemungkinan hanya tinggal beberapa minggu atau bulan saja sebelum dirilis.