Fitur Kunci Folder Google Photos Bakal Tersedia di Android untuk Menyimpan Konten Sensitif
Fitur Kunci Folder Google Photos Bakal Tersedia di Android untuk Menyimpan Konten Sensitif (TechHQ)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Perusahaan teknologi Google, berencana untuk merilis fitur Kunci Folder yang dapat digunakan di semua perangkat Android yang memiliki aplikasi Google Photos.

Kunci Folder di Google Photos sendiri berfungsi untuk mengamankan konten-konten sensitif yang dimiliki oleh pengguna supaya tidak bisa dilihat oleh semua orang, terutama untuk anak di bawah umur.

Dikutip dari The Verge, fitur Kunci Folder sudah dirilis di smartphone buatan Google, yakni Pixel sejak bulan Juni 2021, dan mendapat tanggapan positif dari penggunanya.

Oleh karena itu, Google berencana untuk merilis fitur tersebut di semua smartphone Android. Nantinya, smartphone yang memiliki aplikasi Google Photos dengan menggunakan fitur Folder Kunci untuk menyimpan foto tertentu sesuai dengan keinginan pengguna.

Cara kerja Folder Kunci pun cukup sederhana, yakni pengguna diminta memilih sejumlah foto yang tidak ingin dilihat oleh semua orang yang menggunakan perangkat Anda, kemudian menyimpannya dalam folder yang diamankan menggunakan password.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur Folder Kunci, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Mengunci Foto dan Video di Google Photos

Untuk menyembunyikan foto atau video di Google Photos, pastikan smartphone Anda sudah memiliki aplikasi tersebut. Jika belum ada, pengguna dapat mengunduhnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Selanjutnya, pengguna dapat membuka aplikasi Google Photos, kemudian pilih menu perpustakaan foto, kemudian klik menu Utilities. Setelah itu, pilih menu Locked Folder, atau Kunci Folder.

Setelah masuk ke menu Kunci Folder, pengguna dapat memilih menu "Siapkan Kunci Folder" dan ikuti petunjuk berikutnya. Pengguna akan diminta untuk memasukkan konten yang ingin disimpan di fitur Kunci Folder supaya tidak dapat dilihat oleh semua orang.

Jika pengguna sudah mengatur password yang digunakan untuk mengunci folder, Anda dapat menutup aplikasi Google Photos setelah memilih konten yang ingin Anda rahasiakan, dan foto akan tersimpan di folder tersebut secara otomatis.

Sementara itu, jika Anda belum mengaturnya pengguna dapat membuka menu Pengaturan pada smartphone Anda, dan pilih menu keamanan. Selanjutnya, Anda dapat mengatur password layar smartphone Anda dan menggunakan kata sandi yang sama untuk digunakan di Kunci Folder.

Demikianlah cara yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan fitur Kunci Folder di Google Photos. Untuk saat ini, fitur tersebut baru tersedia di smartphone Pixel, dan Samsung. Tapi, dalam waktu dekat bakal dirilis di semua smartphone yang menggunakan sistem operasi Android 9 atau yang lebih baru.