Kini Instagram Reels Tersedia Dalam Durasi 60 Detik
Durasi Reels kini bisa mencapai 1 menit (foto: instagram)

Bagikan:

JAKARTA - Instagram Reels belum lama ini diluncurkan di Indonesia, untuk menyaingi popularitas TikTok, perusahaan terus menghadirkan fitur-fitur baru agar penggunanya tidak berpaling ke media sosial lainnya.

"Reels hingga 60 detik, mulai hari ini," tweet Instagram dalam akun Twitter-nya seperti dikutip Social Media Today, Kamis 5 Agustus.

Itu artinya, durasi Reels kini bisa mencapai 1 menit. Namun, Instagram memberikan fitur ini kepada pengguna secara bertahap. Diketahui, durasi Reels saat pertama kali diluncurkan hanya sepanjang 15 detik. Satu bulan kemudian, Instagram menambahkan durasi Reels hingga 30 detik.

Demikian dengan TikTok yang juga menyediakan pilihan durasi 15 detik, 60 detik, hingga 3 menit. Sedangkan YouTube yang memiliki fitur serupa Shorts juga dapat berdurasi hingga 60 detik. Bukan tidak mungkin Instagram akan mengikuti jejak TikTok dan memperpanjang durasi Reels menjadi tiga menit atau lebih.

Tetapi, durasi Reels yang lebih panjang juga memudahkan kreator untuk mengunggah ulang video TikTok-nya di Instagram dan menjangkau lebih banyak audiens.

Ingin mencoba fitur Reels? Nah, untuk mengakses fitur ini, Anda hanya perlu membuka aplikasi Instagram di ponsel untuk membuat Reels baru. Setelah itu ketuk opsi Length yang ada di samping kiri layar untuk memilih durasi video antara 15 detik, 30 detik atau 60 detik.

Kemudian Anda bisa tambahkan musik, lalu atur kecepatan perekaman video Instagram Reels dengan pilihan mulai 1x, 2x,3x, 4x hingga 5x. Lalu tambahkan filter menarik jika diinginkan, setelahnya mengedit Instagram Reels Anda dapat membagikannya kepada pengikut Anda.

Ketuk panah maju di bagian bawah. Selanjutnya, tambahkan judul dan pilih cara berbagi Reels dengan orang lain. Lalu, klik tombol Bagikan.