Aturan Waktu Jeda Pengiriman Pesan di Gmail, Ini Caranya
Gmail menyediakan fitur yang bisa mengatur waktu jeda pengiriman email, sebelum benar-benar diposting. (foto: unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Jika Anda pernah menekan tombol "Kirim" pada email Gmail dan menyesalinya sepuluh detik kemudian, Anda akan tahu betapa bergunanya bahkan perlunya fungsi fitur pengiriman yang tertunda.

Ini bisa terjadi dengan tiba-tiba bahwa Anda secara tidak sengaja menekan "Balas semua", atau perasaan bahwa Anda mungkin telah mengirimnya ke kontak yang salah, atau bahwa ada salah eja di suatu tempat di sana — atau, mungkin yang terburuk, bahwa Anda baru saja sadar mengirimkan surat kemarahan yang mungkin tidak seharusnya Anda miliki. Dalam salah satu kasus ini, beberapa detik untuk menghentikan email itu dapat membuat hari Anda tidak meledak.

Gmail menawarkan jendela standar lima detik untuk memungkinkan Anda berubah pikiran dan membatalkan pengiriman email, tetapi jika Anda merasa perlu sedikit lebih banyak waktu, Anda dapat mengaturnya.

Gmail, tentu saja, bukan satu-satunya aplikasi email dengan kemampuan ini; aplikasi lain juga menawarkannya.

Namun fitur itu membuat waktu yang berharga untuk memberi diri kita waktu yang lebih lama untuk memikirkan kembali email yang akan dikirimkan. Sementara kita hanya perlu menghentikan email agar tidak keluar beberapa kali, beberapa kali itu mungkin menyelamatkan diri kita dari, setidaknya, harus mengirimkan permintaan maaf karena salah kirim.

Anda dapat mengaturnya menggunakan versi web Gmail:

1.       Klik pada roda gigi "Pengaturan" di sudut kanan atas, dan pada "Lihat semua pengaturan."

2.       Di bawah tab "Umum", cari "Batalkan Kirim."

3.       Pilih berapa lama Anda ingin Gmail memberi Anda untuk berubah pikiran: Anda dapat memilih lima detik, 10 detik, 20 detik, atau 30 detik.

4.       Gulir ke bawah ke bagian bawah halaman dan klik "Simpan Perubahan."

Anda dapat memiliki waktu hingga 30 detik untuk berubah pikiran.

Saat Anda mengklik kirim, Anda akan melihat opsi di sudut kiri bawah untuk "Batalkan" email Anda yang akan bertahan selama Anda menyetel waktu tersebut. Fitur ini juga akan tersedia di aplikasi seluler. Jika mau, Anda dapat mengklik "Undo" dan Anda akan dibawa kembali ke draft email Anda.