Bagikan:

JAKARTA - Ketika Anda memesan barang secara online dari tempat yang jauh, melacak keberadaan paket Anda sangat penting. Selain memastikan paket Anda diantar dengan aman, Anda juga dapat memperkirakan waktu tiba. 

Tapi, tahukah Anda jika Anda dapat melacak paket hanya dengan menggunakan Gmail saja? Jika belum, maka VOI akan memberikan caranya. 

Mengaktifkan Gmail untuk Melacak Paket

Melansir Makeuseof, Google telah mengumumkan fitur pelacakan ini sejak November 2022. Namun, opsi ini dinonaktifkan secara default. Maka dari itu, untuk mengaktifkan fitur Pelacakan Paket Gmail, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Gmail di ponsel Anda, ketuk tombol menu (tiga garis horizontal) di kiri atas, dan pilih Pengaturan di bagian bawah
  2. Temukan dan pilih alamat email Anda (jika Anda mengelola beberapa akun Gmail ) dan gulir ke bagian Umum
  3. Temukan opsi Pelacakan Paket dan aktifkan. Anda mungkin perlu mengaktifkan fitur dan personalisasi Cerdas terlebih dahulu.

Apa yang Diharapkan Setelah Pelacakan Paket Diaktifkan

Setelah mengaktifkan fitur Pelacakan Paket, Gmail akan mengekstrak informasi tenyang pengiriman dari nomor pelacakan di email Anda dan menampilkan status paket tersebut di kotak masuk. 

Dari email tersebut, Anda dapat melihatnya dalam teks di bawah setiap email, yang menunjukkan perkiraan tanggal pengiriman.

Saat ini, fitur Pelacakan Paket ini hanya tersedia di aplikasi Gmail untuk perangkat seluler saja. Namun, Google telah mengonfirmasi bahwa fitur ini akan tersedia di aplikasi web di masa mendatang. 

Google juga bertujuan untuk memprioritaskan email yang terkait dengan paket yang tertunda, dan memastikannya ditampilkan di bagian atas kotak masuk Anda dan mengurangi kemungkinan Anda melewatkan pembaruan penting pada pengiriman Anda.