Bagikan:

JAKARTA - Google sedang meningkatkan salah satu fitur paling berguna di Gmail, yaitu Summary cards, untuk memudahkan pengguna dalam menemukan informasi penting terkait perjalanan, reservasi, dan pengiriman paket. Fitur ini kini mendapatkan tampilan antarmuka pengguna yang lebih modern, dengan tombol aksi baru, serta penambahan bagian khusus di kotak masuk.

Summary cards di Gmail memanfaatkan teknologi pembelajaran mesin untuk mengumpulkan informasi penting dari email terkait penerbangan, pemesanan hotel, pengiriman paket, dan lainnya. Informasi ini ditampilkan dalam bentuk kartu di bagian atas email yang relevan, sehingga pengguna dapat dengan mudah memeriksa detail penting dengan cepat.

Pembaruan terbaru mencakup tombol aksi yang memungkinkan pengguna melakukan berbagai tindakan langsung dari kartu tersebut, seperti melacak paket, menambahkan acara ke kalender, membagikan undangan dengan teman, mendapatkan petunjuk arah ke lokasi acara, dan menambahkan pengingat pembayaran tagihan.

Selain pembaruan tampilan, Gmail juga akan memperkenalkan bagian baru bernama "Happening soon" yang mengorganisir Summary cards dari semua email dalam satu tempat. Ini akan mengeliminasi kebutuhan untuk membuka setiap email secara terpisah.

Pada tahap awal, bagian ini akan menampilkan Summary cards untuk pembelian, dan Google berencana untuk memperluasnya mencakup pembaruan perjalanan, tagihan, dan acara di masa depan.

Saat ini, Google sedang merilis Summary cards yang diperbarui untuk pembelian di Gmail untuk perangkat Android dan iOS. Kartu untuk acara, tagihan, dan perjalanan akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang bersamaan dengan bagian baru "Happening soon". Summary cards yang diperbarui juga akan tersedia dalam pencarian Gmail di masa depan.