Telegram Luncurkan Fitur Baru, Bisa Kirim Pesan Otomatis saat Penerima Online
Telegram luncurkan banyak fitur baru (foto: Dinda Buana/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Layanan perpesanan Telegram menambahkan beberapa fitur baru yang mencakup kemampuan untuk membagikan seluruh folder obrolan hanya dengan satu tautan, membuat latar khusus untuk obrolan perorangan, dan masih banyak lagi.

Untuk mengetahui apa saja fitur baru beserta fungsinya, mari kita kupas satu persatu. 

Berbagi Folder Obrolan

Ketika Anda ingin mengundang teman Anda ke dalam lebih dari satu ruang obrolan di Telegram, kini Anda hanya membutuhkan satu tautan saja. Nah, dengan satu tautan itu, teman Anda akan langsung dapat masuk ke semua ruang obrolan yang ada di dalamnya. 

Caranya, pilih folder obrolan dan tekan lama nama folder yang ingin Anda buat tautan, lalu pilih Share dan klik Create Invite Link. Dari sana, Anda bisa memilih ruang obrolan mana saja yang ingin Anda bagikan ke teman Anda. 

Anda dapat membuat lebih dari satu tautan undangan untuk setiap folder, masing-masing memberikan akses ke beragam obrolan berbeda. Anda dapat menyertakan obrolan publik apa pun dan semua obrolan tempat Anda memiliki hak admin untuk menambahkan pengguna.

Latar Kustom

Fitur berikutnya adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menerapkan latar kustom ke dalam ruang obrolan tertentu. Setelah menerapkan latar, pesan spesial akan dikirimkan ke mitra obrolan sehingga mereka juga dapat menambahkan latar obrolan yang sama untuk aplikasi mereka. 

Bot Lebih Baik

Bot Telegram kini dapat menghosting aplikasi web sehingga penyediaan layanan bagi jutaan pengguna menjadi lebih optimal. Aplikasi web ini dapat diluncurkan dalam obrolan apa pun.

Apabila mendukung fitur ini, aplikasi web dari bot dapat diakses melalui tautan langsung atau dengan menyebut username bot dalam obrolan Telegram. 

Tautan Bot dan Telegram Premium di Fragment

Seperti yang Anda tahu, Anda bisa mendapatkan Username Eksklusif dengan membayar langganan Telegram Premium di Fragment. Namun, hanya pengguna dan grup/channel yang dapat menggunakan username eksklusif tersebut. Tapi sekarang, bot juga dapat menggunakan username eksklusif termasuk tautan tanpa akhiran -bot.

Pengguliran Cepat untuk Lampiran

Apakah Anda kesulitan menemukan foto tertentu karena tenggelam dalam koleksi galeri Anda? Sekarang dapat menggulir dalam menu lampiran dengan kecepatan kilat, seperti dalam Media Bersama.

Waktu Dibaca dalam Topik

Seringkali, saat bercakap-cakap dalam grup, kita ingin tahu kapan sebenarnya orang lain membaca pesan kita. Dalam grup dengan fitur topik diaktifkan dan kurang dari 100 anggota, tanda sudah dibaca sekarang mencantumkan pukul berapa pesan Anda dibaca oleh anggota grup lainnya.

Fitur Kirim Pesan Saat Online

Fitur Kirim Saat Online sekarang dapat diakses dengan lebih mudah. Dengan fitur ini, pesan Anda akan secara otomatis terkirim jika si penerima sudah online. Caranya, ketik pesan yang ingin Anda kirim, kemudian tekan lama tombol kirim (ikon pesawat), lalu pilih Send When Online.