Bagikan:

JAKARTA - Telegram membagikan beberapa pembaruan untuk layanan perpesanannya. Adapun pembaruan itu adalah kemampuan untuk bisa memiliki akun Telegram tanpa nomor telepon dan mengatur timer global untuk secara otomatis menghapus pesan dalam semua obrolan baru. 

Masuk Tanpa Nomor Telepon

Sebelumnya di Telegram, Anda memerlukan nomor telepon untuk memiliki akun. Tapi sekarang, untuk menjaga privasi penggunanya, Anda dapat memiliki akun Telegram tanpa kartu SIM dan masuk ke akun menggunakan nomor anonim bertenaga blockchain yang tersedia di platform Fragment.

Penghapus Pesan Otomatis untuk Obrolan Baru

Pembaruan lainnya dari Telegram adalah mengatur timer penghapus pesan global otomatis. Fitur ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013, yang memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang mereka kirim atau terima.  Mereka juga dapat menyetel timer otomatis untuk menghapus obrolan setelah jangka waktu tertentu.

Sekarang, Telegram memperluas kemampuan Anda untuk dapat menyetel pengatur waktu penghapusan pesan otomatis yang bisa diterapkan ke semua obrolan baru, terlepas dari siapa yang memulainya, dan grup baru yang Anda buat.

Sebelumnya, Telegram juga telah memberikan pembaruan yang memungkinkan admin grup untuk menyortir diskusi menjadi beberapa topik. Saat ini, topiknya lebih kuat dan tersedia untuk grup dengan lebih dari 100 anggota. 

Kemudian, admin grup dengan lebih dari 200 anggota dapat memilih untuk menggunakan kekuatan proaktif penuh dari algoritme Telegram sendiri dengan mengaktifkan mode Agresif baru untuk pemfilteran spam otomatis.