WhatsApp Akan Kembali Tawarkan Opsi Hapus Pesan Otomatis Setelah Tiga Bulan
WhatsApp sedang membangun untuk memberi pengguna kemampuan agar pesan yang mereka kirim dihapus setelah tiga bulan berlalu. (foto; Torstensimon / Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Awal tahun ini WhatsApp diketahui tengah mengembangkan fitur menghilangkan pesan secara otomatis dalam pilihan waktu tertentu, dan kini menurut laporan WABetaInfo, perusahaan akan menyematkan opsi waktu terbaru dari fitur tersebut.

Sebelumnya, WhatsApp memberikan pilihan pesan untuk dihapus secara otomatis setelah periode waktu satu hingga tujuh hari, dan ada juga opsi untuk menghapus file media setelah di lihat sekali oleh penerima.

Mengutip Techradar, Kamis, 19 Agustus, WABetaInfo melihat opsi baru di WhatsApp versi beta terbaru untuk Android. Selain opsi 24 jam yang telah menjalani pengujian selama beberapa bulan, kini juga ada pengaturan penghapusan otomatis selama 90 hari.

Meskipun pengaturan baru belum berfungsi, bahkan dalam versi beta aplikasi, WhatsApp sedang membangun untuk memberi pengguna kemampuan agar pesan yang mereka kirim dihapus setelah tiga bulan berlalu. Sejauh ini kabar yang beredar bahwa opsi 90 hari yang baru akan tetap menjadi opsi beta-only untuk beberapa waktu.

Hal ini karena WhatsApp memerlukan umpan balik dari penguji tentang bagaimana fitur tersebut saat diterapkan. Apakah berguna, dan berfungsi dengan baik. Meski demikian, belum bisa dipastikan kapan WhatsApp akan merilis fitur ini secara penuh, tetapi segala sesuatunya bisa saja akan diubah sebelum peluncuran publik.

Namun tetap saja, upaya WhatsApp ini tidak bisa mencegah penerima menyimpan pesan yang hilang dengan mengambil tangkapan layar. Meski demikian, WhatsApp perlu diacungi jempol karena telah melakukan penelitian tentang apa yang dibutuhkan pengguna.