Rekomendasi Aplikasi Manajemen Pekerjaan Terbaik, Tingkatkan Produktivitas Selama WFH
Aplikasi manajemen pekerjaan selama WHF (Makeuseof)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Masa Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) resmi diperpanjang. Seperti diketahui, aktivitas perkantoran menjadi salah satu yang dilarang selama masa ini. Artinya, sistem bekerja dari rumah, atau yang lebih dikenal WFH (Work From Home), kembali diberlakukan.

Meskipun terlihat menyenangkan, bekerja dari rumah bukanlah perkara gampang. Manajemen waktu, pekerjaan dan komunikasi seringkali jadi kendala yang sulit untuk diatasi. Beruntung, kini sudah tersedia beberapa platform yang mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Untuk komunikasi antar tim, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Callink. Aplikasi lokal ini menyediakan layanan yang memudahkan komunikasi dalam pekerjaan. Lantas, bagaimana dengan aplikasi manajemen pekerjaan?

Harap tenang. Tim VOI sudah mengumpulkan beberapa rekomendasi aplikasi manajemen kerja terbaik yang bisa Anda manfaatkan. Berikut ini pilihannya.

Asana

Salah satu aplikasi manajemen kerja terbaik yang wajib Anda gunakan adalah Asana. Aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang sederhana. Membuatnya mudah dipahami dan dioperasikan oleh pengguna yang baru saja memasang aplikasi.

Fitur-fitur di dalam aplikasi meliputi melacak perkembangan pekerjaan –mulai dari awal hingga akhir, memberikan tugas tambahan pada anggota tertentu, mengganti tugas yang diprioritaskan, serta menetapkan deadline.

Tak hanya itu, Asana juga memilih fitur yang bisa dipakai ketika Anda sedang di luar jaringan (offline). Nantinya, setiap perkembangan tugas, akan disinkronisasi secara otomatis ketika terhubung lagi dengan jaringan.

Trello

Jika membicarakan aplikasi manajemen kerja, kurang lengkap jika tidak menyebutkan Trello. Pasalnya, sudah banyak kantor dan tim yang memanfaatkan aplikasi ini. Baik tim berukuran kecil, hingga besar.

Layanan manajemen kerja Trello memanfaatkan gaya Kanban. Sehingga, memungkinkan tim dengan beragam ukuran untuk mengorganisir sebuah project pada papan project.

Pada papan virtual yang tersedia, pengguna bebas menambahkan tugas, mengatur deadlines, hingga menambahkan deskripsi untuk masing-masing tugas. Tak hanya itu, Anda juga bisa memindahkan tugas dari satu papan ke papan lain menggunakan fungsi drag-and-drop.

Zoho Projects

Terakhir, yakni aplikasi Zoho Projects. Aplikasi ini merupakan salah satu layanan milik Zoho Suite. Zoho Projects sendiri bisa membantu pengguna untuk menemukan dan menentukan tugas dengan prioritas tertinggi.

Dengan layanan spesifikasi tersebut, Zoho bisa membantu penggunanya untuk menetapkan tugas pada tim atau seseorang. Selain itu, terdapat pula fitur pembaruan yang berjalan secara otomatis. Fitur ini bakal berjalan ketika tugas tertentu sudah selesai dikerjakan.

Pengembang menyediakan lima jenis tampilan untuk melihat tugas-tugas yang tersedia. Antara lain Classic View, Plain View, Kanban View, Dependency View, dan Gantt View. Masing-masing jenis tampilan bisa membantu pengguna untuk melihat perkembangan tugas dalam perspektif khusus.

Nah, itulah rekomendasi aplikasi manajemen kerja dari tim VOI. Jika Anda merasa kesulitan mengatur kerja selama WFH, bisa langsung unduh dan gunakan salah satu aplikasi di atas.