Pinterest Perkenalkan Fitur Baru Pencarian Gaya Rambut, Simak Kelebihannya!
Pinterest melaporkan 454 juta pengguna aktif bulanan. (foto: Charles Deluvio/unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pinterest Inc. memperkenalkan fitur yang memungkinkan orang yang mencari gaya rambut tertentu. Pencarian ini memungkinkan pengguna untuk menyaring hasil berdasarkan enam pola rambut: pelindung, melingkar, melengkung, bergelombang, lurus dan bercukur atau botak.

Fitur baru ini merupakan upaya untuk membuat platform berbagi gambar Pinterest lebih inklusif dengan memudahkan orang kulit berwarna untuk menemukan gaya yang relevan. Fitur ini akan tersedia di AS, Kanada, Irlandia, Australia, Selandia Baru, dan Inggris, untuk memulai.

Fitur inklusif seperti ini juga dapat membantu platform sosial seperti Pinterest berpotensi memikat basis pengguna yang lebih beragam.

“Filter baru, yang membutuhkan waktu sekitar delapan bulan untuk dikembangkan, merupakan bagian dari proses yang berkelanjutan,” kata Annie Ta, kepala produk inklusif di Pinterest.

“Kami memiliki kesempatan dan tanggung jawab untuk meningkatkan representasi online dan memastikan bahwa orang-orang dari semua komunitas tidak peduli siapa mereka, atau bagaimana mereka mengidentifikasi, dapat menemukan inspirasi untuk diri mereka sendiri di Pinterest,” kata Ta.

“Tujuan kami adalah untuk terus membangun di atas ini dan memastikan bahwa kami membangun produk inklusif dalam segala hal yang kami lakukan,” tambahnya.

Fitur baru ini dibuat menggunakan teknologi visi komputer dan oleh anggota tim yang bekerja pada produk hasil pencarian kecantikan inklusif Pinterest, yang memungkinkan pengguna melakukan pencarian tentang kecantikan menyaring hasil berdasarkan warna kulit. Fitur itu pertama kali dirilis di AS pada 2018.

Perusahaan media sosial ini juga telah menginvestasikan sumber daya dan menambahkan alat untuk membuat platform mereka lebih inklusif, di tengah masalah lama dengan konten kebencian online serta panggilan bagi perusahaan untuk membantu memerangi ketidakadilan rasial.

Pinterest memiliki reputasi sebagai tempat yang relatif aman bagi pengguna, tetapi pada bulan April lalu mereka meluncurkan permintaan yang meminta kepada influencer untuk memposting konten yang baik, berpegang pada informasi faktual dan praktik penyertaan, di antara komitmen lainnya.

Pada bulan Juli, perusahaan media sosial itu melarang iklan yang menyebutkan bahasa dan gambar penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan testimoni tentang penurunan berat badan.

Perusahaan seperti Pinterest, LinkedIn milik Microsoft Corp. dan Facebook Inc. juga telah menggunakan pengingat kepada pengguna untuk bersikap positif sebelum mereka menambahkan komentar, sebuah teknik yang dikenal sebagai nudging, di antara langkah-langkah lainnya.

Pinterest bulan lalu melaporkan 91 juta pengguna rata-rata bulanan di AS untuk kuartal kedua, turun 5% dari tahun sebelumnya, mengutip "hambatan keterlibatan" orang-orang yang menghabiskan lebih sedikit waktu di rumah daripada yang mereka lakukan di awal pandemi virus corona. Secara global, Pinterest melaporkan 454 juta pengguna aktif bulanan, meningkat 9% dari tahun sebelumnya.

Filter pola rambut awalnya akan bekerja pada pencarian rambut umum, seperti "gaya rambut musim panas", "rambut glamor" dan "rambut pendek", tetapi perusahaan berencana untuk mengeksplorasi cara lain yang dapat digunakan di seluruh platform.

Filter hasil pencarian warna kulit Pinterest telah berkembang sejak diperkenalkan, kata perusahaan itu, mengutip fitur baru pada Januari 2020 yang memungkinkan pengguna lipstik augmented-reality mencoba warna bibir lain pada warna kulit yang mereka identifikasi.

Pinterest memilih enam filter yang tersedia dengan bekerja sama dengan Naeemah LaFond, penata rambut editorial dan direktur artistik global merek perawatan rambut Amika, yang dimiliki oleh Heat Makes Sense Inc., serta pakar dan peneliti lainnya.

Fitur ini berarti orang kulit berwarna dapat menghabiskan lebih sedikit waktu menyiangi melalui hasil pencarian untuk menemukan gaya yang sesuai dengan mereka, kata Ms. LaFond.

“Alat baru ini jelas menandai tonggak yang sangat dibutuhkan untuk kesetaraan ras dalam pengkodean,” kata Ms. LaFond.

Menyediakan filter pencarian granular untuk rambut dan warna kulit adalah langkah ke arah yang benar, kata Shannae Ingleton Smith, kepala pengembangan bisnis dan bakat influencer di Kensington Gray Agency Inc., sebuah agensi influencer.

“Itu hanya menunjukkan bahwa mereka memikirkan Anda—bahwa Anda bukan hanya renungan, bahwa Anda sebenarnya adalah pemikiran ke depan dan Anda adalah bagian dari proses pengambilan keputusan,” kata Ingleton Smith.