Pinterest Jadi Medsos Pertama yang Punya Kebijakan Perangi Klaim Palsu Perubahan Iklim
Pinterest punya fitur baru yang sensor tentang hoaks perubahan iklim. (foto; Dok. Pinterest)

Bagikan:

JAKARTA - Pinterest telah mengumumkan kebijakan misinformasi barunya yang akan memerangi klaim palsu dan menyesatkan tentang konten yang menyatakan perubahan iklim di platformnya.

Hal itu menjadikan perusahaan sebagai satu-satunya jejaring sosial yang memiliki kebijakan tersebut sejauh ini. Pinterest sekarang akan dapat menghapus konten yang menyangkal adanya dampak perubahan iklim, menyangkal pengaruh manusia terhadap perubahan iklim dan menyangkal perubahan iklim yang didukung oleh konsensus ilmiah.

Kebijakan tersebut juga akan menghapus konten palsu dan menyesatkan tentang solusi perubahan iklim yang bertentangan dengan konsensus ilmiah, konten yang salah mengartikan data ilmiah baik dengan kelalaian atau mengikis kepercayaan pada ilmu iklim dan para ahli.

Tak hanya itu, konten berbahaya dan menyesatkan tentang keadaan darurat keselamatan publik juga termasuk bencana alam atau kejadian cuaca ekstrim juga akan dilarang di aplikasi media sosial berlogo merah itu.

Menurut Pinterest, Pedoman Komunitas baru ini tidak hanya berlaku untuk unggahan di jejaring sosial, tetapi juga untuk iklan. Pengiklan Pinterest harus mengikuti aturan yang sama dan pedomannya akan diperbarui untuk juga melarang iklan yang berisi teori konspirasi, misinformasi, dan disinformasi terkait perubahan iklim.

“Pinterest percaya dalam mengembangkan ruang yang tepercaya dan jujur ​​bagi mereka yang menggunakan platform kami. Langkah berani ini merupakan perluasan dari pedoman misinformasi kami yang lebih luas, yang pertama kali kami kembangkan pada 2017 untuk mengatasi misinformasi kesehatan masyarakat, dan sejak itu telah diperbarui untuk mengatasi masalah baru dan yang muncul saat mereka muncul ke permukaan," ujar Kepala Kebijakan Pinterest, Sarah Bromma.

"Kebijakan misinformasi iklim yang diperluas adalah langkah lain dalam perjalanan Pinterest untuk memerangi informasi yang salah dan menciptakan ruang online yang aman,” imbuhnya.

Melansir TechCrunch, Kamis, 7 April, Pinterest juga akan menggunakan berbagai metode untuk menemukan dan mengambil tindakan terhadap iklan yang melanggar kebijakan perubahan iklim barunya, termasuk kombinasi sistem otomatis dan investigasi moderator.

Nantinya, tim Kepercayaan & Keamanan Pinterest juga akan meninjau laporan pengguna tentang konten yang melanggar, seperti yang dikirimkan melalui fitur khusus Pinterest untuk menandai informasi yang salah.

Perubahan tersebut mengacu dari peningkatan pencarian pengguna untuk topik yang terkait dengan keberlanjutan dan lingkungan. Selama setahun terakhir, penelusuran untuk tips tanpa limbah meningkat 6 kali, ide pakaian daur ulang naik 4 kali dan penelusuran untuk dekorasi rumah daur ulang naik 95 persen, sementara penelusuran gaya hidup tanpa limbah naik 64 persen.

Untuk mendorong inspirasi lebih lanjut seputar gaya hidup yang lebih hijau, Pinterest akan meluncurkan seri konten Creator Originals yang dipimpin oleh kreator dari Amerika Serikat (AS), Inggris, Australia, Jerman, Prancis, Jepang, Brasil, Meksiko, Argentina, Indonesia, dan India, yang akan berfokus pada hal-hal seperti penghematan tips, mendaur ulang pakaian, meminimalkan sisa makanan, dan lainnya.

Secara lebih luas, Pinterest telah mengambil tindakan lainnya yang bertujuan membuat jaringannya menjadi tempat lebih positif. Misalnya, pada 2018 yang berhenti menjalankan iklan politik dan mendukung kesehatan mental pada 2019 dengan memperbaiki fitur pencariannya.