Melihat Kebakaran Hutan dari Stasiun Luar Angkasa Bikin Astronot Bersedih
Astronot Megan McArthur sedih melihat kebakaran hutan melanda Bumi (TheAtlantic)

Bagikan:

JAKARTA – Seorang astronot yang tinggal di International Space Station (ISS), Megan McArthur baru-baru dikabarkan merasa sedih ketika melihat Bumi dari luar angkasa. Pasalnya bencana kebakaran hebat telah melahap hutan di sejumlah tempat yang ada di Bumi seperti di AS dan Turki. Kebakaran besar itu rupanya bisa terlihat dari luar angkasa.

“Kami sangat sedih melihat kebakaran di sebagian besar Bumi, bukan hanya di Amerika Serikat,” tutur McArthur sebagaimana dikutip dari Futurism.

Astronot tersebut mengungkapkan bahwa para ilmuwan sudah memperingatkan bahaya dari kebakaran hutan yang memberikan ancaman serius bagi Bumi. Untuk menanggulangi masalah tersebut McArthur menyerukan bahwa komunitas global harus bekerja sama.

“Ini adalah peringatan bagi seluruh komunitas global. Butuh seluruh komunitas global untuk menghadapi ini dan mengatasi tantangan tersebut,” paparnya.

Melalui satelit, astronot bisa melihat kebakaran hutan yang terjadi di Bumi dalam bentuk awan asap dengan proporsi astronomis. Kebakaran hutan tersebut terjadi di sejumlah tempat seperti di Yunani, Siberia, Spanyol, hinggan Pacific Northwest.

Bencana tersebut membuat sejumlah negara-negara di dunia bekerja keras untuk menanggulangi kebakaran hutan. Amerika Serikat terpaksa harus merekrut lebih banyak petugas pemadam untuk menghentikan persebaran api yang melahap hutan.

Selain itu, belakangan ini kebakaran hebat juga melanda Turki. Api telah menjalar dan membakar hutan-hutan yang ada di kawasan perbukitan. Presiden Erdogan menyebut kebakaran tersebut merupakan kebakaran terburuk yang pernah terjadi dalam sejarah.

Kebakaran di Turki juga telah menyebabkan kerusakan besar dan memaksa ribuan penduduk sipil dan turis di kawasan pemukiman dan hotel di pantai Aegea dan Mediterania untuk mengungsi ke tempat lain.