Lihat <i>Room Tour</i> Stasiun Luar Angkasa yang Menakjubkan
ISS stasiun luar angkasa internasional yang menakjubkan. (foto: dok. NASA)

Bagikan:

JAKARTA - Selama ini kita hanya mendengar dan melihat dari gambar sekilas bagaimana jeroan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), yang menjadi tempat penelitian ilmiah para astronot.

Namun kini, untuk menghilangkan rasa penasaran, astronot Thomas Pesquet melalui kanal YouTube European Space Agency (ESA) telah merilis tur mendalam ke ISS, dalam video berukuran 4K.

Astronot Pesquet berangkat untuk tugas keduanya di ISS pada 23 April 2021 lalu, sebagai bagian dari misi SpaceX Crew-2 dan telah berhasil selamat kembali ke Bumi hari ini.

Lebih lanjut, video tur ISS ini direkam oleh Pesquet yang berbicara dalam bahasa Prancis, meskipun ada teks bahasa Inggris jika membutuhkannya.

Dihimpun dari Digital Trends, Selasa, 9 November, video berdurasi sekitar 25 menit itu menyoroti seberapa besar ukuran ISS dari pos terdepan yang mengorbit, yang telah menampung para pelancong luar angkasa selama 20 tahun terakhir.

Seperti yang akan terlihat, hampir semua yang ada di stasiun luar angkasa menempel di dinding menggunakan Velcro atau tali. Jika tidak, kamera, komputer, pakaian luar angkasa, dan segala sesuatu di antaranya akan bebas melayang di sekitar batas-batas modul.

Banyak area di stasiun luar angkasa digunakan untuk penyimpanan, dan cukup normal bagi astronot untuk melewati rintangan ini saat melintasi dari titik A ke titik B. Video tur ini juga memungkinkan kita mengintip melalui beberapa lubang intip, melihat sekilas bagian lain dari stasiun luar angkasa dari luar.

Pesquet menggambarkan ruang tamu dan area kerja fasilitas itu sebagai lebih besar dari rumah enam kamar tidur. Ini mencakup beberapa tempat tidur, beberapa kamar mandi, gym, dan jendela pandangan 360 derajat yang disebut Cupola dari mana astronot dapat mengamati bagian luar stasiun ruang angkasa dan juga menangkap gambar Bumi yang menakjubkan.

Terlepas dari keterbatasan ruang gerak, ada banyak kenyamanan untuk menjaga astronot tetap waras selama berada di ISS. Meliputi kulkas yang baru-baru ini dipasang, dan ada juga oven, area makan dengan bumbu standar seperti saus tomat, mustard dan mayo serta garam dan merica. Bahkan astronot dapat melihat siaran NFL menggunakan laptop dari stasiun luar angkasa.

Lihat video lengkapnya di bawah ini.