Bitcoin dan Ether Hari Ini Mencapai Rekor Harga Tertinggi di Sesi Perdagangan Asia!
Bitcoin dan Ether, hari ini cetak harga tertinggi.

Bagikan:

JAKARTA – Bitcoin dan ether membuat rekor puncak di sesi Asia pada Selasa 9 November karena antusiasme untuk adopsi cryptocurrency dan kekhawatiran tentang adanya inflasi.

Bitcoin naik hingga 67.700 dolar AS (Rp965 juta) dan ether, cryptocurrency terbesar kedua berdasarkan nilai pasar, harganya juga mencapai 4.800 dolar AS. Keduanya telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak Juni dan menambahkan hampir 70% terhadap dolar sejak awal Oktober.

Menurut agregator data CoinGecko, Pergerakan tersebut membantu mengangkat total kapitalisasi pasar cryptocurrency di atas 3 triliun dolar AS.

Sementara data dari manajer aset digital CoinShares menunjukkan  arus masuk ke produk dan dana bitcoin telah mencapai rekor tertinggi sepanjang tahun ini sebesar 6,4 miliar dolar AS (Rp91,2 triliun). Hal ini terjadi karena investor membeli cryptocurrency serta adanya penerimaan sejumlah pemerintah yang lebih luas pada bitcoin dan momentum positif lainnya.

Arus masuk Bitcoin sendiri mencapai 95 juta dolar AS (Rp 1,3 triliun) minggu lalu, mewakili arus masuk terbesar dari semua aset digital yang ada. Sementara arus masuk selama delapan minggu bull run untuk cryptocurrency adalah 2,8 miliar dolar AS, ini terlihat dari data CoinShares pada Senin, 8 November.

Data CoinShares pada 5 November juga menunjukkan secara keseluruhan produk dan dana cryptocurrency membukukan arus masuk sebesar 174 juta dolar AS, dalam 12 minggu berturut-turut arus dari investor institusional.

Bitcoin melonjak lebih dari 4% ke level 66.555 dolar AS pada Senin, 8 November dan mendekati rekor tertinggi 67.016,50 dolar AS pada 20 Oktober lalu. Sementara ether, yang menopang blockchain Ethereum, menyentuh puncak sepanjang masa di 4.796,44 dolar AS.

“Lonjakan harga BTC (bitcoin) hanyalah konfirmasi dari pengaturan pasar yang sangat kuat yang telah berkembang sepanjang Oktober,” kata Mikkel Morch, direktur eksekutif di crypto dan aset digital hedge fund ARK36.

“Karena saldo pertukaran bitcoin berada pada level terendah tiga tahun sementara pasokan pemegang jangka panjang berada pada titik tertinggi sepanjang masa, hanya ada sedikit bitcoin yang tersedia untuk memenuhi permintaan,” tambah Morch.

Investor juga menggelontorkan 31 juta dolar AS ke dalam produk dan dana Ethereum minggu lalu. Meskipun pangsa pasar Ethereum telah menurun dalam beberapa bulan terakhir karena dominasi bitcoin telah tumbuh, kombinasi baru-baru ini dari kinerja harga yang positif dan arus masuk yang kuat mendorong aset yang dikelola mencapai rekor 20 miliar dolar AS.

Tron, platform digital yang berfokus pada hosting aplikasi hiburan, memiliki aliran masuk sebesar 79 juta dolar AS selama tujuh minggu terakhir, menjadikannya aset virtual terbesar ke-8 dalam hal AUM.

AUM di Grayscale dan CoinShares, dua manajer aset digital terbesar, masing-masing naik minggu lalu menjadi 55,67 miliar dolar AS dan 5,5 miliar dolar AS.