Ribuan Orang Dievakuasi Akibat Kebakaran Hutan di Yunani, Satu Kota Ikut Terbakar
Sebuah helikopter membantu memadamkan kebakaran hutan di desa Kryoneri, utara Athena, Yunani, Kamis (5/8/2021) (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran hutan yang besar di Yunani menyapu sebuah kota permukiman di luar Athena dalam semalam. Kobaran api  berlanjut di hari kelima pada Sabtu dan ratusan orang dievakuasi menggunakan kapal feri dari Pulau Evia, di bagian timur ibu kota.

Api dari Gunung Parnitha di pinggiran Athena memaksa ribuan orang dievakuasi sejak Kamis malam oleh petugas penyelamat yang melawan angin dan suhu tinggi saat berjuang menahan sebaran api.

Lebih dari 700 pemadam kebakaran, termasuk bantuan dari Siprus, Prancis, dan Israel telah dikerahkan untuk memadamkan si jago merah, dibantu oleh tentara dan pesawat pengebom air.

Sepanjang malam pada Sabtu, angin kencang mendorong kobaran api masuk ke dalam Kota Thrakomakedones dan menghanguskan sejumlah rumah.

Para penduduk telah diperintahkan untuk mengungsi dan belum ada laporan terbaru terkait korban.

“Sulit dipercaya apa yang kami lihat di sana,” kata Faik Zaimi, seorang petugas kemah musim panas anak di dekat Kota Kapandriti.

“Syukurlah kami sempat menyelamatkan perkemahan, tetapi kami tidak tahu apakah ini sudah berakhir,” katanya.

Kebakaran hutan pecah di sejumlah wilayah Yunani akibat gelombang panas terburuk selama lebih dari 30 tahun terakhir.

Bencana itu menghanguskan puluhan ribu hektar lahan hutan, menghancurkan rumah dan bisnis, serta membunuh hewan.

Suhu sudah mencapai 40 derajat Celcius atau 104 Fahrenheit sepanjang pekan.

Kebakaran di Evia, pulau terbesar kedua Yunani, tersebar dari satu ujung di Teluk Euboea ke ujung lainnya yang menghadap ke Laut Aegea.

Ratusan orang, termasuk penduduk lansia, dievakuasi menggunakan kapal feri pada Jumat malam dari Kota Limni di Evia karena api sudah mencapai pantai dan langit berubah warna menjadi merah mengerikan.

Pihak berwenang telah berupaya untuk memadamkan lebih dari 400 titik kebakaran di seluruh Yunani dalam 24 jam terakhir, sementara kobaran terbesar masih membakar wilayah Athena Utara, Evia, dan kawasan di Peloponnese, termasuk Mani, Messinia, dan Olympia kuno, situs Olimpiade pertama.

Satu orang tewas pada Jumat setelah terluka oleh tiang listrik di wilayah yang dilanda kebakaran dekat Athena dan sembilan lainnya luka-luka, menurut keterangan otoritas setempat.

Di negara tetangga, Turki, pihak berwenang tengah memerangi kebakaran hutan terburuk yang pernah terjadi di negara tersebut.

Kobaran api menyapu wilayah pesisir barat daya dan memaksa puluhan ribu warga untuk mengungsi.

Sementara itu di Italia, angin panas mengipasi kebakaran hutan di Pulau Sisilia pekan ini.