Bagikan:

JAKARTA - Satu orang tewas akibat kebakaran hutan di New Mexico, Amerika Serikat (AS) yang juga menyebabkan ribuan orang dievakuasi. Ratusan bangunan ikut terbakar.

“Kami tidak memiliki rincian tambahan apa pun,” kata Gubernur Michelle Lujan Grisham dilansir Reuters, Rabu, 19 Juni

Hingga Selasa, 18 Juni malam, sekitar 1.400 rumah dan bangunan lainnya telah hancur. Seluruh desa Ruidoso di New Mexico, yang berpenduduk 7.000 jiwa, dievakuasi, tambah para pejabat.

“Dua orang terluka dalam kebakaran hutan tersebut,” imbuhnya.

Gubernur juga mengumumkan keadaan darurat di Lincoln County dan Reservasi Apache Mescalero karena dua kebakaran hutan - South Fork Fire dan Salt Fire.

Kebakaran di South Fork diperkirakan mencapai 15.276 are (61.82 kilometer persegi) dan tidak dapat diatasi sama sekali..

"Sungguh menakutkan dengan turunnya abu. Mungkin seperti salju yang turun, lumayan parah. Mengerikan," kata Karen Sandoval, seorang pengungsi dari Ruidoso kepada stasiun media KOB 4.

Secara terpisah, petugas pemadam kebakaran di California juga berjuang melawan suhu tinggi, kelembapan rendah, dan angin kencang saat mereka berupaya memadamkan kebakaran hutan yang dimulai Sabtu, 15 Juni, pekan lalu di barat laut Los Angeles dan tmenghanguskan 12.000 hektare lahan.