Bagikan:

YOGYAKARTA – Fenomena matahari merah di Amerika serikat terlihat menawan. Pemandangan ini menghasilkan foto-foto yang indah, tetapi penyebab perubahan ini tidaklah menyenangkan.

Fenomena alam aneh ini terlihat selama sepekan di langit New York, New Jersey, Chicago, Illinois, dan Iowa.

Lantas, apa yang menyebabkan matahari di Amerika terlihat begitu merah?

Penyebab Fenomena Matahari Merah di Amerika

Fenomena matahari merah yang terlihat di New York hingga Iowa disebabkan oleh kebakaran hutan yang melanda sebagian wilayah Kanada, khususnya di Alberta.

Berdasarkan laporan Daily Mail, kebakaran tersebut menghanguskan lebih dari 800 ribu hektar lahan dengan jumlah lebih dari 90 peristiwa kebakaran hutan.  

Asap dari kebakaran hutan menyebar hingga jarak 2.000 mil (3.600 km), dan menciptakan lapisan kabut yang meyelimuti matahari sehingga terlihat berwarna merah.

Warna merah terang yang membara disebabkan oleh partikel asap yang menyaring panjang gelombang cahaya yang lebih pendek, sehingga hanya panjang gelombang merah dan oranye yang terlihat. Matahari juga tampak redup karena asap tebal yang bertiup dari Kanada.

Lalu, apa dampak yang ditimbulkan dari kebakaran hutan di Kanada?

Menurut ahli meteorologi, partikel asap akibat kebakaran hutan yang dibawa oleh jet stream melintasi Amerika Serikat ke wilayah timur, menyebabkan kualitas udara menjadi buruk.

Selain itu, kebakaran hutan tersebut telah menghanguskan hampir satu juta hektar di Kanada bagian barat, terutama di Provinsi Alberta bagian barat laut. Lebih dari 30.000 orang telah dievakuasi dari wilayah tersebut untuk menghindari kebakaran.

National Weather Service (NWS) di Montana menyampaikan kualitas udara sangat tidak sehat dan menyarankan agar orang tetap berada di dalam ruangan jika memungkinkan. Peringatan yang sama juga dikeluarkan untuk Colorado timur.

"Jika asap tebal atau menjadi tebal di sekitar lingkungan Anda, Anda mungkin ingin tetap berada di dalam ruangan. Hal ini terutama berlaku bagi mereka yang memiliki penyakit jantung, penyakit pernapasan, balita, dan lansia," demikian bunyi peringatan tersebut.

Departemen Kualitas Lingkungan Utah juga memperingatkan bahwa kualitas udara akan tetap "tidak sehat bagi kelompok sensitif".

Akan tetapi, NWS di New York mengatakan bahwa asap tersebut berada di ketinggian lebih dari 20.000 kaki dan tidak akan menyebabkan masalah kesehatan bagi orang-orang dengan penyakit pernapasan di wilayah timur laut Amerika Serikat.

Gambar satelit yang dibagikan oleh NWS menunjukkan asap yang mengalir di seluruh bagian utara Amerika Serikat dan menyelimuti negara bagian bagian timur dengan polutan.

Pihak berwenang Alberta berharap suhu yang lebih dingin dan hujan yang diprediksi dalam beberapa minggu ke depan akan membantu pemadam kebakaran dalam melawan kebakaran di provinsi kaya minyak tersebut, meskipun badai dapat menghambat upaya tersebut.

Demikian informasi tentang penyebab fenomena matahari  merah di Amerika Serikat. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.