Rogers Communications dan SpaceX Akan Menghubungkan Ponsel ke Layanan Berbasis Satelit
Starlink dari SpaceX. (foto: twitter @spacex)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan komunikasi Rogers Communications  dan perusahaan milik Elon Musk, SpaceX, berencana untuk menghubungkan telepon genggam ke layanan berbasis satelit dengan tujuan memperluas jangkauan ke daerah terpencil di Kanada, demikian pernyataan dari kedua perusahaan tersebut pada Rabu, 26 April.

Layanan ini, yang akan disampaikan melalui jaringan satelit Starlink milik SpaceX, akan mencakup ponsel 4G dan 5G mulai dari SMS teks dan kemudian berkembang ke layanan suara dan data di wilayah Kanada yang tidak memiliki jaringan.

"Pada masa depan, investasi ini akan memberikan konektivitas nirkabel, termasuk akses ke nomor darurat 911, bahkan ke daerah paling terpencil," kata CEO Rogers, Tony Staffieri, dikutip Reuters.

Selain itu, T-Mobile dari AS dan SpaceX juga mengumumkan kemitraan serupa di Amerika Serikat tahun lalu.

Bulan lalu, Kanada menyetujui pembelian senilai 20 miliar dolar Kanada dari gigantik telekomunikasi Rogers Communications terhadap Shaw Communications dengan kondisi yang ketat termasuk komitmen untuk membayar denda finansial jika gagal menciptakan lapangan kerja baru dan berinvestasi untuk memperluas jaringannya.