Meta Hadirkan Kemampuan Mengubah Tampilan Dunia Virtual Pengguna Headset Quest
Dok. Meta

Bagikan:

JAKARTA - Headset Meta Quest yang berbasis Virtual Reality (VR) baru saja mendapatkan sejumlah fitur baru, dengan kemampuan untuk mengubah pemandangan yang menakjubkan pada dunia virtual penggunanya.

Dengan v54, versi baru dari perangkat lunak Quest, Meta meluncurkan fitur eksperimental baru yang dijuluki Custom Skybox View baru, di mana pengguna dapat membawa gambar beresolusi tinggi milik sendiri ke dunia virtual atau lingkungan rumah mereka, sebagai latar VR.

Dan, pada akhirnya bisa digunakan untuk berteleportasi ke suatu tempat yang bukan bagian dari set default. Karena fitur ini hanya percobaan untuk sekarang, jadi jika ada teman berkunjun, mereka tidak akan dapat melihat gambar yang digunakan.

Untuk mengaktifkan fitur tersebut, cari Custom Skybox View di bawah panel Experimental Settings. Kemudian buka tab Personalization, gulir ke bagian bawah halaman Virtual Environment, dan pilih Custom Skybox View.

"Kami menyertakan beberapa tema pra-instal, tetapi Anda juga dapat mengunggah sendiri untuk hasil terbaik, gunakan JPG atau PNG 360 derajat berukuran 6144x3160 piksel," ujar Meta dalam blog resminya, dikutip Minggu, 21 Mei.

Selanjutnya, Meta juga akan mengaktifkan notifikasi push di headset untuk aplikasi 2D seperti Messenger. Saat pengguna mulai menggunakan aplikasi yang kompatibel setelah pembaruan, mereka akan melihat pesan yang meminta untuk ikut serta dalam notifikasi headset.

Setelah diterima, semua aplikasi yang berlaku akan dapat muncul di menu Quick Actions, sehingga pengguna dapat berinteraksi dan terlibat dengan cepat tanpa meninggalkan gim atau aplikasi yang mereka gunakan. Seperti Messenger, yang akan menampilkan nama dan foto pengirim serta teks pesan.

Pengguna juga dapat mengonsolidasikan pesan dari sumber yang sama untuk merampingkan umpan notifikasi, aktifkan mode Do Not Disturb untuk sesi VR yang lebih imersif, atau buka menu Settings untuk menonaktifkan notifikasi pada aplikasi 2D tertentu dan bahkan mematikan notifikasi di headset sepenuhnya.

Sebelumnya pada awal tahun ini dalam pembaruan v50, Meta telah meluncurkan beberapa peningkatan pada pengontrol Meta Quest Touch Pro. Dengan mengurangi waktu yang diperlukan pengontrol untuk bangun dan memasangkan ke headset, sehingga pengguna bisa masuk ke dalam gim lebih cepat.

Namun sekarang dengan v54, Meta kembali meluncurkan peningkatan Meta Quest Touch Pro tambahan. Beberapa perubahan dihadirkan pada keakuratan pelacakan.

"Secara khusus, kami mengurangi dan menyelesaikan kejadian sesekali di mana posisi pengontrol di dunia fisik tidak sesuai dengan tempatnya di VR—karena saat Anda melewatkan satu blok di Beat Saber, Anda ingin tahu bahwa itu adalah kesalahan Anda dan bukan milik controller," jelas Meta.