Mark Zuckerberg Luncurkan Headset Quest Pro yang Mampu Berinteraksi di Dunia Virtual
Mark Zuckerberg dengan headset baru Quest Pro. (foto: fb.com)

Bagikan:

JAKARTA - Meta Platforms meluncurkan headset virtual dan realitas campuran, Quest Pro, pada Selasa, 11 Oktober yang menandai tonggak sejarah bagi terobosan yang dilakukan Chief Executive Meta, Mark Zuckerberg, ke pasar kelas atas untuk perangkat komputasi realitas yang diperluas.

Headset tersebut, yang diperkenalkan pada konferensi tahunan Meta Connect, akan diluncurkan pada 25 Oktober dengan harga 1.500 dolar AS. Headset ini akan menawarkan kepada konsumen cara untuk berinteraksi dengan kreasi virtual yang dilapiskan ke tampilan penuh warna dari dunia fisik di sekitar mereka.

Peluncuran tersebut merupakan langkah penting bagi Zuckerberg, yang tahun lalu mengumumkan rencana perangkat yang disebut Project Cambria. Langkah itu disusul keputusan mengubah nama perusahaannya dari Facebook menjadi Meta yang menandakan niatnya dalam memfokuskan kembali raksasa media sosial itu menjadi sebuah perusahaan yang mengoperasikan pengalaman komputasi imersif bersama yang dikenal sebagai metaverse.

Zuckerberg telah menggelontorkan miliaran dolar ke dalam visi itu. Reality Labs, unit Meta yang bertanggung jawab untuk menghidupkan metaverse, sudah menghabiskan 10,2 miliar dolar AS pada tahun 2021 dan telah kehilangan hampir 6 miliar dolar AS sepanjang tahun ini.

Dalam pidatonya di acara tersebut, Zuckerberg, yang sebagian direkam dalam video dan sebagian sebagai avatar, mengatakan dia mengharapkan perpaduan dunia fisik dan digital untuk memunculkan kegunaan baru untuk komputasi.

"Anda akan melihat kategori yang sama sekali baru dari hal-hal yang dibangun," kata Zuckerberg yang dikutip Reuters.

Quest Pro menampilkan beberapa peningkatan dari headset Quest 2 Meta yang ada, yang sangat mendominasi pasar realitas virtual konsumen.

Yang paling mencolok, headset ini memiliki kamera menghadap ke luar yang menangkap semacam streaming langsung 3D dari lingkungan fisik di sekitar pemakainya, yang memungkinkan hal baru realitas campuran seperti kemampuan untuk menggantung lukisan virtual di dinding dunia nyata atau membuat bola virtual terpental di meja nyata.

Quest 2, sebaliknya, menawarkan versi skala abu-abu yang lebih mendasar dari teknologi ini, yang disebut passthrough.

Quest Pro terasa lebih ringan dan lebih ramping dari pendahulunya, dengan lensa pancake tipis dan baterai yang ditempatkan di bagian belakang headset, yang mendistribusikan bobotnya lebih merata sekaligus mengurangi jumlah beban keseluruhan.

Untuk realitas virtual yang sepenuhnya imersif, Meta telah menambahkan sensor pelacakan ke Quest Pro yang dapat mereplikasi gerakan mata dan ekspresi wajah pengguna. Ini menciptakan kesan bahwa avatar melakukan kontak mata.

Produktivitas Quest Pro

Meta memperkenalkan Quest Pro sebagai perangkat produktivitas, yang ditujukan untuk desainer, arsitek, dan profesional kreatif lainnya.

Selain menawarkan platform sosial dan ruang kerja Horizon sendiri, perusahaan juga telah menyediakan versi virtual dari produk kerja Microsoft Corp  seperti Word, Outlook, dan Teams, sebuah kemitraan yang diumumkan oleh CEO Microsoft, Satya Nadella, yang bergabung dengan proyek Zuckerberg.

Matthew Ball, seorang kapitalis ventura yang tulisannya tentang metaverse telah menarik pujian Zuckerberg, mengatakan dia menganggap kemitraan seperti itu signifikan karena mereka menyarankan komitmen perusahaan untuk interoperabilitas, atau gagasan bahwa sistem yang berbeda harus terhubung satu sama lain.

"Ada banyak skeptisisme di pasar, apakah metaverse yang dapat dioperasikan dan terbuka bahkan mungkin, apalagi mungkin," katanya, mencatat bahwa Microsoft dan Meta bersaing pada beberapa produk di ruang realitas yang diperluas.

Pada pratinjau Quest Pro beberapa hari sebelum peluncurannya, Meta memberi reporter sekilas tentang jenis pengguna yang ada dalam pikiran mereka untuk tingkat produktivitasnya dengan menampilkan aplikasi seperti Tribe XR, lingkungan pelatihan virtual untuk DJ.

Tribe XR sudah tersedia dalam realitas virtual, tetapi demonstrasi menunjukkan bagaimana teknologi passthrough memungkinkan DJ menggunakan aplikasi untuk memainkan pertunjukan dunia nyata, karena itu berarti mereka dapat melihat melewati peralatan virtual mereka pada pengunjung pesta yang sebenarnya.

Meta berencana untuk menjual Quest Pro di saluran konsumen untuk memulai, sambil menambahkan kemampuan tingkat perusahaan seperti manajemen perangkat seluler, otentikasi, dan layanan dukungan premium tahun depan.

Mereka mengatakan perangkat ini dimaksudkan untuk melengkapi dan bukannya menggantikan Quest 2 entry-level, yang dijual seharga 399,99 dolar AS.

Untuk saat ini, itu berarti Quest Pro berhenti mengaktifkan aplikasi komersial kompleks yang disarankan Meta ingin mendukung teknologi metaverse-nya.

Perusahaan masih mengerjakan pengalaman realitas campuran untuk aplikasi Horizon Workrooms yang akan membuat avatar seseorang tampak hadir di ruang konferensi dunia nyata dengan pengguna lain, yang disebut Ruang Ajaib.

“Headset ini juga akan menambahkan kaki ke avatarnya, karena yang saat ini hanya ditampilkan dari pinggang ke atas,” kata Zuckerberg.

Namun, titik harga Quest Pro menempatkannya dengan baik di bawah biaya perangkat yang berfokus pada perusahaan yang ada seperti Microsoft HoloLens 2, yang dirilis untuk penggunaan komersial pada tahun 2019 dan sudah hadir di ruang operasi dan di lantai pabrik. HoloLens 2 entry-level dijual dengan harga 3.500 dolar AS, jauh lebih mahal.