Bagikan:

JAKARTA – Meta membocorkan headset Quest 3S secara tidak sengaja di aplikasi Meta Quest Link untuk PC Windows. Penerus dari Quest 3 ini akan menggabungkan desain dua headset, yaitu Quest 2 dan Quest 3.

Bocoran ini ditemukan pertama kali oleh UploadVR. Meski gambar Quest 3S sudah disembunyikan oleh Meta, para pengembang masih bisa melihat gambarnya di PC Quest Link dalam folder aset berupa panel-pengalaman di dalam Program Files Oculus.

Dari gambar Quest 3S yang tersebar, headset ini memiliki kamera yang menghadap ke depan dan lubang kameranya berbeda dengan Quest 3. Headset yang dirilis pada Oktober tahun lalu itu memiliki tiga lubang kamera yang berbentuk seperti pil.

Namun, di tampilan desain Quest 3S, headset terbaru ini akan memiliki kamera yang dikelompokkan ke dalam dua set. Masing-masing setnya memiliki tiga kamera dan ditempatkan di sampul depan perangkat, sama seperti model Quest 2 dan Quest 3.

Gambar aksesoris Quest 3S, yang beredar di e-commerce AliExpress, membuktikan bahwa bocoran headset Meta selama beberapa bulan terakhir, termasuk yang ditemukan di PC Quest Link, sudah pasti benar. Kini, penggemar hanya perlu menunggu Quest 3S dirilis.

Kabarnya, headset Realitas Campuran (MR) ini akan dipamerkan di Meta Connect, konferensi pengembang tahunan yang membahas tentang Kecerdasan Buatan (AI), MR, Realitas Virtual (VR), dan terobosan masa depan lainnya.

Perangkat ini akan ditampilkan di sesi Meta-Sanctioned pada 25 September mendatang. Rumor yang beredar menunjukkan bahwa Quest 3S akan dibanderol dengan harga 300 dolar AS (Rp4,6 juta) tanpa kontrol perangkat.