Bagikan:

JAKARTA – ICEYE AS, penyedia satelit radar, menerima kontrak Akuisisi Data Satelit Kecil Komersial (CSDA) dari NASA. Kontrak ini diterima pada Senin, 9 September dengan periode kerja sama selama lima tahun.

Ini bukan kali pertama ICEYE menerima kontrak CSDA. Pada tahun 2020, ICEYE juga terpilih sebagai penyedia data radar apertur sintetis (SAR). Solusi yang disediakan ICEYE akan membantu Divisi Ilmu Bumi NASA dalam melakukan penelitian dan analisis ilmiah.

Eric Jensen, CEO ICEYE AS, mengatakan program CSDA sangat berharga sehingga perusahaannya merasa beruntung saat menerima kontrak baru dari NASA. Jensen mengungkapkan bahwa ICEYE akan terus mendukung NASA dalam meneliti dan menjelajahi Bumi.

"Para peneliti NASA, ilmuwan yang bekerja sama, dan mitra akademis akan menikmati akses yang lebih luas ke aliran data radar yang andal dan akurat dari konstelasi SAR komersial terbesar di dunia. Kami berharap dapat memungkinkan penemuan ilmiah yang akan datang," ujar Jensen.

ICEYE menjelaskan bahwa satelit SAR berbeda dengan satelit observasi yang sering digunakan perusahaan antariksa. Jenis satelit yang ICEYE kembangkan mampu mengumpulkan data pada siang dan malam hari dalam berbagai kondisi cuaca.

Satelit SAR bisa mengamati Bumi melalui awan yang menutupi bidang pandang atau saat atmosfer Bumi mengalami kondisi yang menantang. Hal yang paling membedakan satelit SAR dengan satelit observasi biasa adalah akurasi millimeter di dalam fitur pengukuran

"(satelit SAR dapat) menghasilkan kumpulan data di area luas, seperti wilayah glasial atau gurun, atau area yang ditargetkan, seperti hutan atau garis pantai, dengan tingkat kunjungan ulang yang tinggi yang mengoptimalkan nilai ilmiah dan mendukung aplikasi penelitian ilmiah yang inovatif," jelas ICEYE dalam situs resminya.