Bagikan:

JAKARTA – Markdown merupakan markup ringan yang diluncurkan di aplikasi atau perangkat lunak untuk mengubah teks biasa. Fitur ini akan menyertakan elemen pendukung seperti heading, bold, italic, dan lainnya.

Salah satu perangkat lunak yang menyediakan fitur markdown adalah Google Docs sehingga pengguna tidak perlu mempelajari HTML. Berikut ini beberapa elemen markdown yang bisa digunakan di Docs, dikutip dari Makeuseof.

  • Huruf Tebal: Untuk membuat teks lebih tebal, biasa disebut dengan bold, Anda bisa memasukkan tanda bintang tunggal.

  • Huruf Miring: Penggunaan tanda bintang ganda atau garis bawah akan membuat teks menjadi miring. Jika ingin membuat teks menjadi tebal dan miring, gunakan tiga tanda bintang.

  • Strikethrough: Untuk membuat teks menjadi strikethrough atau memiliki coretan lurus di bagian tengah, Anda hanya perlu menambahkan tanda baca tilde.

  • Headings: Jika ingin membuat headings atau judul dengan mudah, Anda bisa menambahkan satu tombol hash atau tagar. Jika ingin membuat sub-judul, gunakan dua tombol hash.

  • Daftar: Markdown untuk format yang satu ini sangat mudah. Pengguna hanya perlu menggunakan tanda bintang atau tanda hubung di setiap item atau baris.

  • Tautan: Markdown teks terakhir yang bisa digunakan di Google Docs adalah pembuatan tautan. Untuk membuat tautan, gunakan anchor text dalam tanda kurung brackets dan URL dalam tanda kurung parentheses.

Setelah mengetahui berbagai markdown yang bisa digunakan, Anda bisa langsung mengaktifkan fiturnya. Pertama, klik Alat di bagian Menu, lalu buka halaman Preferensi dan berikan tanda centang di samping opsi Aktifkan Markdown, lalu pilih OK.