Bagikan:

JAKARTA – Paint 3D, aplikasi evolusi dari Paint, tidak akan mendapatkan dukungan lagi dari Microsoft. Mulai November mendatang, aplikasi Paint 3D akan dihapus dari Microsoft Store agar tidak bisa diunduh lagi.

Tidak banyak informasi yang Microsoft berikan mengenai dukungan Paint 3D yang akan dihentikan. Perusahaan itu hanya menambahkan Paint 3D ke halaman khusus untuk fitur atau fungsi yang tidak digunakan lagi dan menginformasikan aplikasi alternatif.

"Paint 3D sudah tidak digunakan lagi dan akan dihapus dari Microsoft Store pada 4 November 2024," kata Microsoft dalam halaman yang berisi catatan dukungan. "Untuk melihat dan mengedit gambar 2D, Anda dapat menggunakan Paint atau Photos."

Selain menggunakan Paint dan Photos, pengguna Paint 3D disarankan untuk menggunakan aplikasi 3D saat ingin melihat konten 3D. Microsoft tidak menjelaskan kenapa dukungan Paint 3D dihentikan, tetapi deretan fitur di aplikasi Paint sepertinya sudah cukup menjawab.

Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan itu fokus pada peningkatan aplikasi Paint utama mereka. Bahkan, Microsoft menambahkan fitur-fitur terbaik dari Adobe Photoshop dan menambahkan berbagai fitur berbasis Kecerdasan Buatan (AI).

Melihat versi terbaru dari Paint, aplikasi Paint 3D semakin tertinggal karena fiturnya tidak kunjung diperbarui. Sepertinya, Paint 3D juga kurang diminati oleh pengguna Windows. Oleh karena itu, Paint 3D masuk ke dalam daftar kuburan Microsoft.

Paint 3D merupakan korban terbaru dari Microsoft. Pada Desember tahun lalu, Microsoft memasukkan fitur Windows Mixed Reality ke dalam daftar fitur yang tidak akan digunakan lagi. Meski dukungannya dihentikan, fitur ini masih berfungsi dengan Steam hingga November 2026.