Berkenalan dengan Fitur Voice Typing di Google Docs: Fungsi dan Cara Mengaktifkan
Voice typing di Google Docs (Android Authority)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Selama masa pandemi, banyak sektor industri yang mulai memanfaatkan Google Docs. Mudah digunakan, menawarkan layanan kolaborasi, serta dirancang dengan tampilan yang tak menyulitkan pengguna pemula.

Kelebihan itu pula yang membuat Google Docs diklaim mampu meningkatkan produktivitas dan memudahkan komunikasi. Dua nilai yang dibutuhkan banyak organisasi kerja selama masa Work From Home (WFH) seperti saat ini.

Di samping itu, Google Docs juga memiliki fitur canggih bernaa Voice Typing. Menggunakan fitur ini, aktivitas mengetik dokumen pun bakal lebih mudah dan cepat diselesaikan. Tapi, apa itu fitur voice typing di Google Docs? Serta, apa fungsi dan bagaimana cara mengaktifkan?

Kali ini, tim VOI sudah menyiapkan penjelasan yang Anda butuhkan. Tanpa panjang lebar, langsung saja simak uraian di bawah, ya.

Apa itu Voice Typing di Google Docs dan Fungsinya?

Seperti yang bisa kita simpulkan dari namanya, voice typing adalah fitur yang mampu mengubah suara menjadi teks. Anda cukup menyuarakan apa yang diinginkan di dekat speaker ponsel. Lalu, menggunakan program text-to-speech, suara tersebut akan diketikkan secara otomatis pada dokumen.

Banyak keuntungan dan kemudahan yang bisa Anda dapatkan dengan menggunakan voice typing. Salah satunya tentu saja efisiensi waktu. Soalnya, layanan ini mampu mengolah suara Anda dan mengubahnya dalam bentuk teks.

Anda bisa menggunakan fitur ini untuk beragam aktivitas yang berhubungan dengan pengetikan. Mulai dari jurnalis, content writer, penulis novel, dan masih banyak lagi.

Cara Mengaktifkan Voice Typing di Google Docs

Tidaklah sulit untuk mengaktifkan voice typing di Google Docs. Anda Cuma membutuhkan aplikasi tersebut di perangkat yang dipakai saja.

Setelah itu, sedikit penyesuaian di bagian pengaturan ponsel, lalu Anda bisa menggunakan layanan voice typing untuk mengetik dokumen.

Lebih lengkap, berikut ini langkah-langkah cara mengaktifkan voice typing di Google Docs:

  1. Unduh dan pasang aplikasi Google Docs pada perangkat Anda. Aplikasi tersebut bisa Anda temukan pada Google Play Store atau App Store milik Apple.
  2. Jika sudah, buka aplikasi. Kemudian, klik tombol ‘+’ lalu ketuk menu ‘New Document’
  3. Selanjutnya Anda akan melihat menu pop-up yang muncul di layar. KLik titik 3 yang terletak di pojok kanan atas dari layar ponsel Anda
  4. Pilih menu ‘Voice Input’
  5. Pilih bahasa masukan yang tersedia. Jika Anda sering mengetik menggunakan bahasa Indonesia, pilih menu ‘Bahasa Indonesia (Indonesia)’ yang muncul di layar
  6. Setelah selesai, coba ucapkan beberapa kata di depan speaker ponsel Anda.

Usai sudah penjelasan mengenai fitur voice typing di Google Docs kali ini. Setelah mengenali fungsi dan cara mengaktifkan voice typing, semoga bisa membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi waktu selama bekerja, ya.