Cara Memperbaiki <i>Voice Typing</i> Google Docs Tidak Aktif atau Tidak Bisa Dipakai
Cara memperbaiki voice typing Google Docs tidak aktif (Ilnwd)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak pengguna dan perusahaan yang sudah mencicipi kemudahan Google Docs. Apalagi, platform mirip Microsoft Word bikinan Google ini juga sudah dibekali beragam fitur canggih yang memudahkan pekerjaan -baik individu maupun tim.

Salah satu fitur yang mulai diandalkan banyak pengguna adalah voice typing. Menggunakan teknologi speech-to-text, fitur ini bisa membuat transkripsi dari percakapan atau ucapan Anda. Dengan begitu, proses menulis dokumen atau artikel pun bisa berlangsung lebih mudah.

Akan tetapi, banyak pengguna yang sering menemukan error pada layanan ini. Jika Anda sedang menghadapinya, tim VOI sudah menyiapkan beberapa cara memperbaiki voice typing Google Docs tidak aktif. Tanpa panjang lebar, ikuti salah satu langkah di bawah.

Bersihkan Data Cache

Setiap aplikasi browser selalu menyimpan data cache dari setiap situs yang dikunjungi. Jenis data ini berfungsi untuk mempercepat akses sebuah situs ke website tertentu. Tapi, jika ada terlalu banyak file cache yang menumpuk, bisa berdampak buruk juga.

Salah satunya adalah kesalahan pada beberapa layanan. Termasuk layanan voice typing di Google Docs. Maka, untuk mengatasinya, Anda perlu membersihkan data-data browser; seperti cookies, cache, dan histori pencarian. Begini caranya:

  1. Masuk ke menu Setelan atau Pengaturan
  2. Ketuk menu History, lalu ketuk menu Clear Browsing Data
  3. Untuk pengguna Chrome, Anda bisa mengaksesnya lewat menu More Tools, lalu ketuk menu Clear Browsing Data

Jalankan Program Troubleshooter pada Laptop Windows

Windows 10 memiliki program troubleshooter yang bisa Anda pakai untuk menemukan dan memperbaiki berbagai problem. Termasuk problem di bagian audi. Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan troubleshooter pada layanan audio:

  1. Klik Start, lalu buka menu Settings dan klik Update & Security
  2. Selanjutnya, klik menu Troubleshooter, pilih Recording Audio, lalu Run the troubleshooter
  3. Ikuti langkah-langkah selanjutnya yang muncul di layar Anda untuk menyelesaikan proses troubleshooter

Cek Volume Mikrofon

Jika Anda harus berteriak agar fitur voice typing aktif dan berjalan, ada kemungkinan jika kesalahan terletak pada mikrofon. Bisa jadi, volume mikrofon terlalu kecil. Dan untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Settings lalu klik System kemudian Sound
  2. Selanjutnya, klik bagian Input
  3. Pilih mikrofon yang ingin Anda gunakan dalam menu drop-down yang muncul di bawah Choose your input device. Selanjutnya klik Device Properties
  4. Gunakan kotak slider untuk mengatur volume mikrofon Anda

Nah, itulah beberapa cara memperbaiki voice typing Google Docs yang tidak aktif. Jadi, jika Anda menemukan kendala ini, langsung terapkan salah satu langkah di atas.