Bagikan:

JAKARTA – Saat ini, beberapa aplikasi pengetikan dokumen memiliki fitur pengetikan dengan dukungan suara, salah satunya Google Docs. Platform yang bisa diakses secara online ini memiliki fitur Voice Typing.

Alat ini bekerja dengan cara yang sederhana, tetapi dapat membantu para penggunanya saat tangannya sedang tidak bisa mengetik dengan baik. Pengguna hanya perlu menyampaikan isi pikiran mereka dan Voice Typing akan mengetik secara real-time.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan fitur Voice Typing di Google Docs, berikut ini cara menggunakannya, dikutip dari Makeuseof.

Aktifkan Fitur Voice Typing

Sebelum menggunakan fitur Voice Typing, Anda harus mengaktifkan fiturnya terlebih dahulu. Anda juga harus membuka situs web Google Docs melalui Chrome atau browser lain, lalu ikuti tahapan berikut ini.

  1. Buka halaman dokumen di Google Docs.
  2. Ketuk menu Alat dan pilih Voice Typing atau menggunakan pintasan Ctrl + Shift + S pada keyboard.
  3. Saat tampilan mikrofon muncul, klik ikonnya.
  4. Anda bisa langsung berbicara dan teks akan langsung muncul.

Seperti yang terlihat di tampilan ikon mikrofon, ada ikon tanda silang untuk berhenti menggunakan fiturnya. Ada juga ikon titik tiga horizontal untuk menggerakan kotak mikrofon dan menu drop-down untuk beralih ke bahasa yang diinginkan.

Untuk mempermudah pengetikan, pastikan untuk menyebutkan tanda baca yang ingin digunakan seperti titik, koma, tanda seru, tanda tanya, dan lainnya. Anda juga bisa menyebutkan kata seperti 'baris baru' dan 'paragraf baru'.