Mengapa Google Docs Diblokir? Ini Penjelasan hingga Manfaat Platformnya
Ilustrasi Google Docs (dok. googel)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Masyarakat ramai memperbincangkan pemblokiran Google Docs. Pemblokiran berdampak pada pengguna yang tak bisa mengakses perangkat lunak tersebut. Lalu mengapa Google Docs diblokir?

Google Docs adalah platform pengolah kata dengan basis website. Layanan tersebut bisa dinikmati secara gratis. Selain itu Google Docs telah teritegrasi dengan penyimpanan Google Drive sehingga pengguna dapat mengakses, edit, bahkan membuat dokumen baru.

Mengapa Google Docs Diblokir?

Google Docs sendiri memiliki banyak pengguna termasuk di Indonesia. Sayangnya, platform itu ramai diperbincangkan karena terblokir di beberapa provider internet seperti IndiHome, Telkomsel, XL, hingga IM3. Keluhan para pengguna mulai ramai diperbincangkan pada hari Kamis, 21 September, malam. Bahkan terblokirnya Google Docs jadi trending topik di media sosial Twitter X. Sedangkan saat diakses dengan jaringan Indihome, akan muncul Certificate Viewer berupa internetpositif.id.

Lantaran kondisi tersebut, para pengguna mengaku tak bisa bekerja. Mereka mempertanyakan alasan pemblokiran Google Docs yang diduga dilakukan oleh Kemenkominfo.

Terkait alasan terblokirnya Google Docs, Dirjen IKP Kementerian Kominfo, Usman Kansong mengatakan bahwa layanan Google Docs saat ini sudah dipulihkan. Ia menjelaskan bahwa hal itu terjadi karena masalah teknis.

"Sudah dipulihkan. Karena problem teknis saja," kata Usman kepada media, Jumat, 22 September. Meski sempat terblokir, sebagian pengguna mengaku sudah bisa mengakses Google Docs lagi.

Manfaat Google Docs

Google Dokumen atau Google Docs dikembangkan mulai tahun 2006. Terblokirnya Google Docs di Indonesia memang  mengganggu para penggunanya mengingat manfaat platform tersebut adalah untuk menggunakan layanan Microsoft Word sehingga pengguna dapat melakukan pengolahan kata dan tulisan secara gratis. Dengan demikian pengguna bisa membuat, mengedit, hingga membaca tulisan.

Google Docs memiliki sejumlah kelebihan yang bisa dinikmati oleh penggunanya yakni sebagai berikut.

  1. Bisa Dipakai di PC Atau Handphone

Google Docs bisa dinikmati tidak hanya di PC maupun laptop namun di smartphone atau tablet. Kondisi tersebut makin memudahkan pengguna untuk membuka Microsoft Word kapan saja dan di mana saja.

  1. Edit dan Baca Dokumen

Google Docs memungkinkan pengguna untuk melakukan edit dan membaca dokumen dengan berbagai perangkat. Hal itu sangat bermanfaat mengingat sebelum ada Google Docs, pengguna hanya bisa mengakses dokumen lewat komputer atau laptop.

  1. Memperkecil Risiko Data Hilang

Kehilangan data bisa diminimalisir dengan Google Docs karena saat membuka dokumen dan melakukan editing lewat platform tersebut, file akan otomatis tersimpan. Jika PC atau smartphone tiba-tiba mati atau pengguna kehilangan akses perangkat mereka, data terakhir file masih bisa diakses.

  1. Convert PDF Jadi Word

Pengguna Google Docs bisa mengubah file format PDF jadi berformat Word. Bahkan pengubahannya sangat mudah. Dengan adanya fitur ini pengguna tak perlu mengetik file PDF secara manual karena sistem akan membantu mengubah tulisan tersebut dalam format Word sehingga bisa dilakukan editing.

Itulah informasi terkait mengapa Google Docs diblokir. Kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.