Cara Mengatasi iPad yang Lemot, Percepat dengan 3 Cara Ini
Cara mengatasi iPad yang lemot (Business Insider)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Apakah iPad milik Anda berjalan sangat lambat? Misal, butuh waktu lama untuk membuka satu aplikasi. Tak jarang, perangkat pun mati sendiri setelah Anda gunakan selama beberapa jam saja.

Memang, semakin lama usia perangkat, akan semakin berkurang pula performanya. Tapi, bukan berarti model anyar juga terhindari dari masalah ini. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mengetahui apa penyebab dan cara mengatasi iPad yang lemot.

Penyebab Performa iPad Lemot

Sebenarnya, ada banyak faktor yang membuat performa iPad jadi lemot. Mulai dari problem pada aplikasi yang terpasang, kecepatan koneksi, atau mungkin perangkat milik Anda masih menjalankan sistem operasi versi lawas.

Tak hanya itu, masih ada dua lagi penyebab performa iPad lemot. Yakni fitur Background App Refresh yang aktif serta penyimpanan internal penuh. Ya, tanpa Anda sadari, dua hal tersebut juga berpengaruh langsung terhadap kecepatan pemrosesan perangkat.

Bagaimana Cara Memperbaiki iPad yang Lemot?

Untungnya, sebagian besar problem tersebut bisa kita atasi dengan mudah. Bahkan, Anda tak perlu membawa perangkat ke pusat perbaikan terdekat. Cukup ikuti salah satu cara mengatasi iPad yang lemot berikut ini aja.

1. Restart iPad

Kapan pun Anda menghadapi masalah pada perangkat, langkah pertama yang baiknya Anda lakukan adalah dengan me-restart perangkat. Tak hanya Android saja, perangkat keluaran Apple pun juga sama.

Dengan memulai ulang iPad, seluruh data yang tersimpan pada memori temporer akan dihapus. Sehingga membuat kondisi mesin lebih segar.

2. Tutup Aplikasi yang Bermasalah

Bisa jadi yang bermasalah bukanlah perangkat iPad milik Anda. Melainkan sejumlah aplikasi yang terpasang. Bisa jadi karena ada file aplikasi yang rusak. Atau akibat Anda yang tak pernah memperbarui versi aplikasi.

Oleh karena itu, ketika aplikasi iPad gagal dibuka dan nge-lag, langsung tutup aplikasi tersebut. Lalu buka ulang aplikasinya.

Biasanya, langkah ini sudah cukup untuk mengatasi problem yang diakibatkan oleh aplikasi.

3. Hapus Seluruh Aplikasi yang Ada di Dalam App Switcher

Seperti kita tahu, iPad memiliki fitur yang bernama App Switcher. Ini adalah fitur manajemen tugas pada iPad yang berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja multitasking. Sehingga, mempercepat Anda berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Namun, jika Anda menggunakan banyak aplikasi setiap hari, tentu jumlah yang tersimpan pada App Switcher pun menumpuk. Lama-kelamaan, bisa memengaruhi performa iPad.

Oleh karena itu, baiknya Anda mnghapus seluruh aplikasi yang ada di dalam App Switcher. Tak perlu setiap hari.

4. Tutup Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Sama seperti Android, Apple memiliki sejumlah layanan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Artinya, berjalan secara otomatis dan terus-menerus. Tanpa Anda buka dan ketahui.

Pada Apple, jenis layanan latar belakang seperti aplikasi streaming musik atau aplikasi streaming video. Nah, untuk meningkatkan performa iPad, Anda perlu menutup aplikasi-aplikasi tersebut.

Itulah cara mengatasi iPad yang lemot dan bisa Anda lakukan sendiri. Semoga cara di atas sudah cukup membantu Anda untuk mengatasi kendala ini.