Cara Mengatasi Aplikasi Instagram yang Lemot Saat Dipakai Membuat Reels
Cara Mengatasi Aplikasi Instagram yang Lemot (Digiday)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Aplikasi share video dan foto Instagram, menjadi salah satu platform yang paling banyak digunakan pengguna media sosial untuk berinteraksi dengan orang-orang yang mereka kenal di dunia maya.

Instagram memiliki beragam fitur menarik yang membuat penggunanya dapat membagikan berbagai aktivitas sehari-hari. Salah satu yang populer digunakan adalah fitur "Efek di Reels Instagram".

Namun, banyaknya fitur yang ditawarkan oleh Instagram, membuat aplikasi tersebut menjadi lebih berat saat dioperasikan. Hal itu pun berdampak pada performa aplikasi yang menjadi lemot apabila ponsel yang digunakan tidak memiliki spesifikasi yang memadai.

Oleh karena itu, jika Anda menggunakan ponsel versi lama atau yang memiliki spesifikasi rendah, disarankan untuk tidak terlalu sering menggunakan efek saat membuat "Reels Instagram".

Jika performa aplikasi Instagram Anda menurun saat digunakan, di bawah ini tim VOI telah merangkum tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cek Koneksi Internet

Salah satu yang membuat aplikasi Instagram menjadi lambat atau lemot saat digunakan adalah koneksi internet yang kurang stabil. Oleh karena itu pengguna harus memastikan bahwa koneksi yang digunakan mendukung untuk menggunakan Instagram dengan nyaman.

Apabila koneksi internet Anda kurang stabil, cobalah untuk masuk ke pengaturan perangkat Anda dan lihat status koneksi Anda. Selanjutnya, pilih LTE sebagai jaringan prioritas supaya dapat memaksimalkan koneksi internet di perangkat Anda.

Paksa Aplikasi Instagram Berhenti

Jika Anda menggunakan fitur efek saat membuat Reels Instagram, atau fitur lainnya yang membuat Instagram Anda menjadi lambat, pengguna dapat memaksa aplikasi berhenti secara langsung.

Caranya Anda dapat masuk ke menu pengaturan data dan pilih aplikasi instagram. Di menu tersebut terdapat menu Instagram, kemudian pada bagian bawah ada terdapat pilihan paksa henti. Klik menu tersebut, sehingga Instagram akan menghentikan sistem dan tidak bisa mengakses internet.

Setelah memaksa Instagram berhenti, pengguna dapat menjalankannya kembali. Dengan demikian aplikasi akan menjalankan ulang sistem dan membuat aplikasi dapat berjalan dengan normal lagi.

Bersihkan Cache

Tips selanjutnya untuk mengatasi aplikasi Instagram yang lemot saat digunakan adalah membersihkan cache yang di dalam perangkat Anda. Pasalnya, cache dapat membuat ruang penyimpanan penuh dan menjadi salah satu sebab aplikasi Instagram berjalan dengan lambat.

Untuk menghapus cache pengguna dapat masuk ke ruang penyimpanan kemudian pilih cache. Jika cache sudah dibersihkan maka performa Instagram akan meningkat. Anda pun dapat menggunakan berbagai macam fitur yang ada dengan nyaman.

Demikian adalah tips yang dapat Anda lakukan ketika aplikasi Instagram Anda tiba-tiba mengalami masalah saat sedang digunakan, terutama saat membuat Reels Instagram menggunakan efek.