Penyebab HP Android Lemot dan Sering <i>Lag</i>, Wajib Tahu Meski Belum Kamu Alami
Penyebab HP lemot dan lag (Android Authority)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanda-tanda lag yang dialami ponsel Anda contohnya seperti layar sentuh kurang responsive, beberapa aplikasi sering freeze, serta performa makin lambat. Jika ponsel Anda lag, banyak fungsi dan fitur yang tentunya sulit untuk diakses.

Dalam artikel di bawah, tim VOI sudah mengumpulkan beberapa penyebab HP lemot dan macet. Jika Anda tidak ingin merasakan kondisi ini, wajib tahu faktor-faktor penyebabnya. Sehingga, Anda bisa mengantisipasi dengan tidak melakukan sesuatu yang membuat ponsel lemot.

Aplikasi Eror

Jika Anda sudah lama menggunakan ponsel Android, pasti pernah menemukan aplikasi yang tidak bisa dibuka, sering menutup sendiri, atau bahkan membuat ponsel freeze. Bisa jadi, yang rusak bukanlah ponsel Anda, melainkan aplikasi tersebut.

Biasanya, aplikasi yang rusak disebabkan karena Anda sudah lama tidak memperbarui versi aplikasi. Dan aplikasi sejenis juga bisa berdampak langsung pada kecepatan pemrosesan ponsel Anda.

Kapasitas RAM Tidak Cukup

RAM adalah jenis penyimpanan yang berperan penting pada ponsel Anda. Komponen ini dipakai oleh sistem operasi dan aplikasi untuk menjalankan layanannya. Sehingga, semakin banyak aplikasi yang Anda gunakan, semakin banyak pula kode atau data yang diproses RAM.

Memang, Android sudah dirancang agar lebih efektif memanajemen penyimpanan. Serta membebaskan resources yang tidak dibutuhkan.

Akan tetapi, jika Anda menggunakan aplikasi atau game yang butuh RAM besar, sedangkan kapasitas yang dimiliki RAM kurang, bisa menyebabkan ponsel jadi lag, freeze, serta lambat berjalan.

Oleh karena itu, dalam berbagai tutorial cara mengatasi HP Android lemot, biasanya Anda diminta untuk menghapus atau menonaktifkan layanan aplikasi bawaan. Soalnya, bisa membantu mengurangi beban kinerja RAM yang harus memroses banyak layanan sekaligus.

Kapasitas Penyimpanan Internal Kurang

Mungkin, pemberitahuan “Memori Android Penuh” tidak akan ditemui oleh pengguna ponsel seri terbaru. Mengingat sebagian besar model kini sudah dibekali penyimpanan internal berkapasitas besar. Tak terkecuali untuk ponsel entry-level yang dijual dengan harga di bawah Rp 2 juta.

Tapi, tidak demikian halnya dengan ponsel Android lawas. Terutama jika ponsel milik Anda dibekali memori internal yang sedikit.

Misal 8GB, 16GB, atau 32GB. Notifikasi tersebut tentu akan sering muncul. Apalagi jika Anda memasang banyak aplikasi pada perangkat!

Ya, kapasitas penyimpanan yang rendah juga bisa berpengaruh langsung pada kecepatan pemrosesan. Dan saat notifikasi tersebut muncul, Anda akan merasa jika ponsel yang dipakai jadi lebih lambat dan lemot.

Nah, itulah beberapa penyebab HP lemot dan macet. Jika sudah mengetahui, sebisa mungkin hindari.

Namun, jika sudah terlanjur, Anda bisa memanfaatkan aplikasi pembersih RAM Android yang pernah tim VOI bahas sebelumnya.