7 Emulator yang Ringan untuk Laptop
Ilustrasi emulator PC (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Untuk menjalankan aplikasi berbasis Android di PC atau laptop, Anda bisa menggunakan emulator. Ada beberapa emulator yang ringan untuk laptop sehingga pengguna tak perlu khawatir terjadi kendala seperti lemot.

Emulator yang Ringan untuk Laptop

Seperti diketahui, emulator laptop adalah perangkat lunak yang dipasang di PC atau laptop untuk menjalankan sistem operasi  (OS) lain. Emulator biasa digunakan untuk berbagaikepentingan, misalnya digunakan oleh para developer untuk melakukan uji aplikasi Android di komputer.

Selain itu, emulator juga biasa dipakai oleh gamers untuk bermain game berbasis Android lewat PC atau laptop. Namun, emulator yang terpasang di PC atau laptop bisa menyebabkan perangkat lag atau pending. Hal itu terjadi bukan tanpa alasan.

Emulator yang dipasang di PC atau laptop sangat membutuhkan daya komputasi besar. Dengan begitu emulator menyesuaikan spesifikasi laptop atau PC yang menjadi inangnya. Semakin rendah spesifikasinya, emulasi akan semakin lelet dan berdampak pada hang atau lag.

Untuk mengatasi PC yang terpasang emulator lemot, pengguna bisa menggunakan emulator tertentu seperti di bawah ini.

  1. Emulator ARChon

Emulator ini cukup rigan digunakan di PC. Sayangnya ARChon memiliki keterbatasan tertentu. Meski demikian performa ARChon cukup baik sehingga kemungkinan laptop lag cukup kecil. ARChon bisa didapat baik di Windows, Mac, dan Linux.

  1. Gameloop

Jika Anda memiliki PC atau laptop dengan kualifikasi yang tidak terlalu tinggi, bisa mencoba menggunakan emulator Gameloop besutan Tencent. Emulator ini memungkinkan Anda untuk memainkan game mobile lewat PC seperti PUBG Mobile atau game mobile lain.

  1. Droid4x

Emulator Droid4x sangat menarik untuk dicoba. Pasalnya, Droid4x mendukung touch screen. Artinya pengguna bisa langsung bermain di PC yang mendukung teknologi touch screen. Namun jika tidak, Droid4x tetap memberikan dukungan konfigurasi pada keyboard atau gamepad.

  1. Nox Player

Banyak gamer juga menggunakan Nox Player di PC atau laptop mereka. Pasalnya, Nox Player cukup ringan untuk mendukung kegiatan mereka di PC. Selain itu, emulator ini juga memungkinkan penggunanya menggunakan keyboard dan mouse saat bermain game sehingga lebih nyaman. Pengunduhan bisa dilakukan di website resminya.

  1. LDPlayer

LDPlayer juga bisa jadi salah satu pilihan emulator PC atau laptop ringan. Fitur emulator ini membuat pengalaman bermain game lebih nyaman karena mampu menghadirkan FPS tinggi. LDPlayer juga dapat dipakai di beragam game misalnya Epic Seven, Clash of Clans, hingga Arknights. LDPlayer tersedia secara gratis.

  1. MEmu Play

Emulator ini dirilis tahun 2015, namun masih sangat layak dipakai tahun 2023. Pasalnya, MEmu Play cukup sering memperbarui perangkat lunak mereka. Terbaru, MEmu Play memperbarui versinya menjadi MEmu Play versi 7.1.6 yang dirilis tahun 2020 dengan ukuran hanya 341MB.

  1. Blue

BlueStacks juga populer di kalangan gamers dalam memainkan game Android di PC. Emulator ini cukup ringan dan memiliki beberapa fitur menarik seperti Keymapping Tools agar skema kontro bisa diatur seperti keinginan. Selain terdapat pula instance Manager, yang memungkinkan penggunanya memainkan game di waktu bersamaan.

Itulah informasi tentang emulator yang ringan untuk laptop. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.