4 Cara Mengatasi Internet Lemot di HP, Gampang Banget!
Ilustrasi internet. (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Internet di handphone atau ponsel sangat bergantung pada jaringan yang tersedia. Jangan heran jika sambungan internet melambat atau lemot.

Tentunya, hal itu akan mengganggu aktifitas, khususnya bagi pekerja yang sangat bergantung kepada internet. Selain jaringan, ada beberapa faktor yang bisa menjadikan internet lemot.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar internet tak lagi lambat sehingga pekerjaan atau aktifitas tak lagi terganggu.

Berikut ini empat cara yang bisa dilakukan agar internet tak lagi lemot:

1. Restart berkala

Ponsel digunakan setiap hari selama berjam-jam, ada kalanya perangkat terlalu panas (overheat) karena menyala dalam waktu yang lama. Jika panas, kinerja ponsel akan melambat dan bisa jadi mengganggu koneksi internet.

Samsung menyarankan pengguna melakukan restart ponsel secara berkala supaya performa ponsel terjaga dalam jangka panjang. Setelah restart, ponsel bisa kembali pulih setelah cukup lama menyala.

Selain restart, alternatif lainnya adalah mematikan ponsel ketika diisi daya supaya perangkat bisa beristirahat.

2. Hapus aplikasi tidak terpakai

Semakin sering membuka aplikasi, maka kerja ponsel semakin berat sehingga menyebabkan internet "lemot". Kebiasaan menggunakan aplikasi akan sangat berpengaruh terhadap kerja ponsel.

Misalnya, setelah menggunakan aplikasi, menekan tombol home untuk keluar. Cara ini sebenarnya tidak menutup aplikasi sehingga ia masih berjalan di latar belakang "background".

Akibatnya, RAM terus bekerja dan sambungan ke internet pun tetap berjalan. Tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak digunakan dengan menekan ikon tiga garis di layar bawah.

Selain menutup aplikasi dengan benar, matikan atau hapus aplikasi yang tidak pernah dipakai. Cara ini akan membantu mengoptimalkan performa ponsel dan sambungan internet.

3. Blokir iklan

Membuka situs yang memiliki banyak banner iklan rupanya juga berpengaruh ke koneksi internet. Blokir iklan melalui setelan aplikasi peramban (browser yang digunakan).

4. Maksimalkan jaringan 4G

Layanan 4G saat ini adalah jaringan data seluler yang paling terjangkau di Indonesia. Supaya bisa lancar menggunakan internet di ponsel, pilih operator seluler yang memiliki jaringan terbaik di lokasi tempat tinggal