Bagikan:

JAKARTA - Google telah memulai pengujian aplikasi pengeditan video bertenaga AI yang baru, yang diberi nama Vids. Aplikasi ini tersedia secara eksklusif untuk penguji Workspace Labs dan diharapkan akan diluncurkan untuk pengguna berbayar akhir tahun ini.

Vids menggunakan Gemini AI dari Google untuk dengan cepat membuat storyboard dan skrip setelah Anda menggambarkan tema dan tujuan video.

Fitur Utama Google Vids

  • Integrasi Gemini AI: Setelah Anda memberikan deskripsi singkat tentang tema atau tujuan video, Gemini AI dapat membuat slide, menulis skrip, menemukan rekaman stok yang relevan dari Shutterstock, dan membuat storyboard seluruh video.
  • Kemudahan Penggunaan: Dibandingkan dengan fitur AI di Google Docs, Vids menempatkan prompt Gemini AI di depan dan tengah. Saat memulai proyek baru, Anda akan disajikan dengan bidang teks untuk mendeskripsikan tema atau tujuan video. Anda juga dapat meminta AI untuk menggunakan dokumen dari Google Drive Anda, atau memulai dengan salah satu template yang sudah ada.
  • Pengeditan Manual: Meskipun AI dapat melakukan banyak pekerjaan, Anda tetap dapat mengedit video dengan menambahkan atau menghapus elemen seperti slide, bidang teks, gambar, dan rekaman sebelum mengekspornya sebagai file MP4.
  • Contoh Penggunaan: Misalnya, jika Anda meminta AI untuk membuat video tentang "Manfaat Video Game untuk Kognisi," AI akan membuat slide yang menjelaskan bagaimana video game dapat meningkatkan fungsi kognitif, keterampilan pemecahan masalah, dan interaksi sosial. Namun, upaya AI masih cukup dasar saat ini, jadi pengalaman ini belum sepenuhnya otomatis.

Pengalaman menggunakan Google Vids mengingatkan pada iMovie atau Windows Movie Maker, dengan beberapa fitur tambahan. Alat ini akan bekerja dengan baik untuk video pendek yang mungkin hanya Anda gunakan sekali di sekolah atau pekerjaan. Berkat integrasi Gemini, membuat video ini tidak akan memakan waktu lama.

Anda dapat mendaftar untuk akses ke Workspace Labs dan mencoba Vids secara gratis. Pengguna yang tertarik dapat menantikan peningkatan aplikasi dalam beberapa minggu mendatang sebelum diluncurkan ke pengguna berbayar Google Workspace.

Dengan Google Vids, Google menambahkan alat produktivitas baru ke dalam suite Workspace mereka, yang pertama dalam beberapa tahun. Alat ini dirancang untuk membantu pengguna dalam membuat konten video internal dengan cepat dan efisien, menjadikannya pilihan ideal untuk keperluan presentasi dan komunikasi internal