Bagikan:

JAKARTA – Anthropic, perusahaan Kecerdasan Buatan (AI), meluncurkan aplikasi Claude untuk perangkat Android. Aplikasi chatbot berbasis AI yang dirilis pada Rabu, 17 Juli ini sudah bisa diunduh di Google Play Store.

Melalui blog resminya, Anthropic mengatakan bahwa Claude di Android menawarkan paket dan kinerja yang sama dengan versi iOS dan website. Model AI ini bisa digunakan secara gratis atau berbayar melalui dua jenis paket, yaitu Pro dan Team.

Anthropic tetap mempertahankan beberapa keunggulan Claude di versi Android, salah satunya dukungan multi-platform. Tidak seperti aplikasi chatbot pada umumnya, pengguna bisa melanjutkan percakapan dengan Claude di aplikasi ataupun situs web.

Misalnya, saat pengguna sedang menggunakan Claude di ponsel Android dan ingin beralih ke aplikasi Claude di iPhone, mereka tidak perlu mengajukan pertanyaan dari awal. Claude akan menyimpan interaksi sebelumnya dalam bentuk riwayat.

Kemampuan berikutnya yang dimiliki Claude adalah membaca file atau gambar. Pengguna bisa mengambil gambar secara langsung atau mengunggah file ke ruang obrolan Claude. Mereka bisa mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan foto atau file-nya.

Claude juga mendukung pemrosesan multi-bahasa untuk membantu pengguna dalam menerjemahkan teks secara real-time. Fitur ini akan mengatasi hambatan pengguna dalam berkomunikasi menggunakan bahasa yang tidak mereka kuasai.

Terakhir, Claude menghadirkan kemampuan penalaran tingkat lanjut sehingga bisa memecahkan masalah yang kompleks. Pengguna bisa mengajukan pertanyaan sulit seperti menganalisis kontrak atau melakukan riset pasar.