Bagikan:

JAKARTA – Google merilis Android 15 versi beta ketiga pada Selasa, 18 Juni. Dengan dirilisnya versi pengujian ketiga ini, Android 15 telah mencapai Stabilitas Platform dan siap diluncurkan dalam waktu dekat.

Wakil Presiden Manajemen Produk Android, Matthew McCullough, menjelaskan bahwa Android 15 beta 3 merupakan versi final untuk diuji. Stabilitas Platform menunjukkan bahwa API pengembang dan semua aplikasi di dalamnya siap untuk dirilis.

"Aplikasi yang menargetkan Android 15 dapat tersedia di Google Play . Terima kasih atas semua masukan Anda yang berkelanjutan dalam membawa kami mencapai pencapaian ini," kata McCullough, dikutip melalui blog Pengembang Android.

Ada banyak fitur yang Google coba tambahkan untuk membangun platform yang lebih baik. Google juga menambahkan beberapa kemampuan baru untuk meningkatkan pengalaman Kecerdasan Buatan (AI) dan meminimalkan dampak baterai.

Selain itu, Google juga memaksimalkan kelancaran dari kinerja aplikasi dan meningkatkan perlindungan privasi serta keamanan pengguna. Rilis dari Android 15 beta 3 ini akan terus berjalan hingga Juli dan pada akhirnya akan diluncurkan ke beberapa perangkat Android.

Ada beberapa fitur yang disoroti McCullough, salah satunya peningkatan pengalaman kunci sandi dan Manajer Kredensial. Di Android 15, pengguna bisa memakai kunci sandi dalam bentuk pengenalan wajah, sidik jari, atau kunci layar dalam satu langkah.

"Jika mereka secara tidak sengaja mengabaikan perintah untuk menggunakan kunci sandi untuk masuk, mereka akan dapat melihat kunci sandi atau saran Manajer Kredensial lainnya di antarmuka pengguna bersyarat isi otomatis," jelas McCullough.