Bagikan:

JAKARTA – Google mulai merilis Android 15 QPR1 dalam versi beta 3 publik, bukan dalam bentuk pratinjau pengembang. Sistem operasi (OS) ini dirilis untuk Pixel 6 dan yang lebih baru, Pixel Fold, dan Pixel Tablet.

Menurut laporan 9to5google, OS ini akan menjadi rilis QPR1 beta terakhir sebelum Google meluncurkan versi stabilnya pada Desember mendatang. Selama enam minggu terakhir, pembaruan QPR1 telah diluncurkan tanpa patch keamanan di dalamnya.

Seperti versi beta pada umumnya, QPR1 juga mengalami beberapa masalah yang dilaporkan oleh pengguna atau pengembang, seperti masalah pada notifikasi dengan konten terpotong dan masalah dengan paging memori sistem yang terkadang menyebabkan perangkat mogok. 

Ada juga masalah pada ikon aplikasi di layar beranda yang menampilkan ikon sistem default, perangkat yang berjalan lambat dan terkadang mogok saat beralih kembali ke pengguna utama, sistem UI yang terkadang mogok, dan masih banyak lagi. 

Dari banyaknya keluhan yang muncul, Google telah memperbaiki masalah yang menghalangi pengguna berinteraksi dengan notifikasi awal, masalah yang menyebabkan sistem mogok, serta perbaikan pada masalah yang memengaruhi stabilitas sistem dan konektivitas.

Android 15 QPR1 Beta 3 tersedia dengan nomor pembuatan AP41.240925.009. Pembaruan ini menyertakan patch keamanan Oktober untuk memperkuat keamanan perangkat. Tak hanya untuk model Pixel 6 ke atas dan Pixel Tablet, pembaruan ini juga tersedia untuk Android Emulator. 

Pembaruan ini hanya bisa diunduh jika pengguna telah terdaftar ke dalam Program Beta Android. Namun, bagi beberapa pengguna yang malas untuk mendaftarkan diri, mereka bisa mengunduh pembaruan beta melalui flash atau sideload.