Bagikan:

JAKARTA – Google menampilkan doodle terbaru pada Kamis, 24 Oktober dengan tema Rise of The Half Moon. Sesuai dengan tajuknya, Google ingin merayakan half moon atau bulan sabit terakhir di Oktober.

Di Google Doodle kali ini, perusahaan tersebut membawa konsep game dan luar angkasa. Saat pengguna Google Search mengeklik doodle yang terlihat di tengah atau di atas layar, pengguna akan membuka halaman game interaktif berupa kartu bulanan.

Permainan ini akan mengajak pengunjungnya untuk melawan karakter bulan dengan menguji pengetahuan tentang siklus bulan. Berdasarkan penjelasan Google, pemain akan diminta untuk menghubungkan siklus bulan untuk mendapatkan kemenangan.

"Bergabunglah dalam permainan kartu surgawi tempat para pemain harus menghubungkan fase-fase siklus bulan untuk mendapatkan poin dan melawan Half Moon Oktober. Jika Anda cukup terampil untuk mengalahkan bulan, Anda mungkin akan diberi hadiah," kata Google.

Bulan sabit merupakan fase yang muncul sekitar dua hingga tiga hari setelah bulan baru terbentuk. Meski dikenal dengan sebutan bulan sabit, secara ilmiah, para ilmuwan sering menyebut objek astronomi sebagai bulan seperempat karena bentuknya. 

Namun, istilah bulan seperempat masih begitu asing hingga muncul sebutan bulan separuh. Meski secara perhitungan waktu bulan ini belum mencapai separuh, tampilannya memang mirip seperti separuh bulan. 

Pada fase seperempat pertama, bulan akan memasuki fase half moon muda dengan cahaya yang sangat terang. Cahaya ini akan tetap sama hingga fase bulan purnama berikutnya. Ketika memasuki seperempat terakhir, fase yang saat ini dirayakan Google, bulan akan semakin gelap sebelum memasuki fase bulan baru.