Bagikan:

JAKARTA - Studi baru Kaspersky Safe Kids mengungkapkan, 61 persen anak-anak telah mendapatkan perangkat digital pertamanya antara usia 8 dan 12 tahun, untuk bermain, berteman, menonton, dan lain sebagainya.

Untuk itu, Kaspersky memeriksa pertanyaan online anak-anak guna memahami apa yang menarik perhatian mereka pada musim panas (Juni - Agustus) 2023 ini. 

Selama periode tersebut, ada tiga aplikasi terpopuler di Android, di antaranya adalah YouTube (30%), TikTok (17%) dan WhatsApp (15%). Instagram menempati posisi keempat (9%). 

Sedangkan untuk YouTube, konten yang paling sering dicari oleh anak-anak adalah saluran dan vlogger yang merekam video hiburan, tantangan, atau gaya hidup (21%). Klasifikasi 'lainnya' mendapat 21%, dan blogger gim berada di posisi ke-3 dengan 15% permintaan. 

Skibidi Toilet adalah salah satu tren musim panas terbesar. Ini adalah serial kartun, yang dihosting di YouTube Shorts, dibuat oleh influencer Georgia DaFuq!?Boom!. Scibidi Toilet menghasilkan hampir 9% dalam TOP-1000 permintaan pencarian YouTube. 

Sedangkan untuk vlogger dan influencer YouTube, pemimpin musim panas ini adalah Triple Charm, shfa, ViktoriaSarina, Fede Vigevani, Michou, Space Family, Fala Sério, A4, yang kontennya sebagian besar berupa video gaya hidup, tantangan, video unpackage, dan seputar kecantikan.

Mengenai topik konten gim, Lacey's Flash Games menerima jumlah permintaan penelusuran terbesar pada musim panas ini. Seperti Skibidi Toilet, Lacey’s Games berevolusi menjadi web horor berdasarkan Lacey – karakter yang muncul, misalnya, dalam flash game “Lacey’s Wardrobe” intrik utama di sini adalah keberadaan gim ini di kehidupan. 

Dalam kategori 'film, kartun, dan acara TV', kartun memegang posisi terdepan – dengan hampir 50% kueri. Acara TV menerima 26 persen permintaan, yang merupakan kemenangan signifikan atas anime yang mendapat 16 persen pencarian.

Minat musik masih berkisar pada K-pop hampir 19% permintaan pencarian berhubungan dengan band-band Korea Selatan dan BlackPink adalah pemimpinnya.