Google Cloud dan Startup Web3 Kerja Sama Kembangkan Alat Pengembang DeFi
Orderly Network, telah bermitra dengan Google Cloud untuk mengembangkan komponen off-chain dari infrastruktur DeFi (foto: twitter @OrderlyNetwork)

Bagikan:

JAKARTA - Google Cloud telah berkolaborasi dengan sebuah startup Web3 untuk mengembangkan alat pengembang berbasis pengguna untuk keuangan terdesentralisasi (DeFi) guna menurunkan hambatan masuk ke dunia terdesentralisasi.

Penyedia infrastruktur DeFi, Orderly Network, telah bermitra dengan Google Cloud untuk mengembangkan komponen off-chain dari infrastruktur DeFi yang berfokus pada tantangan self-custody dan transparansi. Orderly akan menjadi penyedia infrastruktur DeFi, tersedia di Google Cloud Marketplace.

Google Cloud mengatakan bahwa kemitraan ini terjadi karena semakin banyaknya minat dari klien yang menjelajahi beban kerja blockchain di Google Cloud.

Rishi Ramchandani, Kepala APAC Web3 GTM, Google Cloud Asia Pasifik, mengatakan bahwa lonjakan permintaan ini menyoroti kebutuhan akan paket produk Web3 yang disesuaikan. 

"Bekerja dengan Orderly Network untuk membangun infrastruktur yang kokoh akan membantu mengatasi kesenjangan dalam adopsi dan pertumbuhan DeFi, serta memastikan skalabilitas dalam ruang yang terus berkembang melalui pengembangan alat pengembang perusahaan yang aman dan berorientasi pada pengguna,"  kata Ramchandani dikurip Cointelegraph.

Dengan teknologi blockchain menjadi pusat revolusi fintech, banyak di industri keuangan yang menjelajahi teknologi terdesentralisasi, termasuk JP Morgan yang telah aktif menguji berbagai solusi berbasis blockchain termasuk DeFi.

Sistem perbankan tradisional mulai menunjukkan minat dalam teknologi blockchain dengan satu laporan dari tahun 2021 yang mengindikasikan bahwa 55% dari 100 bank teratas memiliki beberapa paparan terhadap teknologi terdesentralisasi.

Orderly berharap dapat mendistribusikan beban DeFi ke komponen on-chain dan off-chain untuk memastikan keseimbangan antara kecepatan dengan desentralisasi yang memadai. Perusahaan ini mengklaim bahwa distribusi ini akan menyederhanakan operasi tanpa mengorbankan keunggulan inherent dari sistem terdesentralisasi.

Komponen off-chain ini akan memastikan interaksi penting dilakukan on-chain sementara interaksi yang dapat diatasi secara efisien off-chain diproses di luar blockchain utama.

Cointelegraph berbicara dengan Arjun Arora, COO di Orderly Network, untuk memahami bagaimana kolaborasi mereka dengan Google akan membantu membuat DeFi menjadi mainstream.

Arora mengatakan bahwa untuk mencapai adopsi mainstream, teknologi blockchain harus mengungguli solusi saat ini dan Orderly sedang membangun Lego perdagangan untuk integrasi dApp yang lancar di berbagai blockchain dengan fokus pada menggabungkan yang terbaik dari pertukaran terdesentralisasi (DEXs) dan pertukaran terpusat (CEXs).

"Kolaborasi kami dengan Google memastikan mesin pencocokan kami bersaing dengan sistem terpusat yang ada di keuangan tradisional, tetapi infrastruktur dan jaringan likuiditas kami yang lain tetap mempertahankan semua keuntungan dari self-custody dan transparansi yang terlihat dalam keuangan terdesentralisasi," kata Arora.

Tantangan terbesar DeFi berasal dari hambatan masuk dan masalah keamanan yang telah menghantui ekosistem ini dalam waktu yang lama. Dengan masuknya Google Cloud ke pasar infrastruktur DeFi dengan Orderly sebagai mitra kunci, kolaborasi ini bertujuan untuk membangun lingkungan yang aman dan alat-alat untuk mengatasi masalah-masalah ini