Google Luncurkan <i>Blockchain Node Engine</i> Berbasis Google Cloud, Ethereum Jadi Pelanggan Pertama   
Ethereum jadi pelanggan pertama BNE dari Google. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Raksasa teknologi Google meluncurkan Blockchain Node Engine (BNE) internal berbasis Google Cloud, Kamis 27 Oktober. Sebagai layanan node-hosting, BNE memungkinkan perusahaan Web3 untuk menyampaikan transaksi, menerapkan kontrak pintar, dan membaca atau menulis data blockchain langsung di Google Cloud.

Ethereum akan menjadi blockchain pertama yang didukung oleh BNE. “Saat ini, penerapan node secara manual adalah proses yang memakan waktu yang melibatkan penyediaan instance komputasi, menginstal klien Ethereum, dan menunggu node disinkronkan dengan jaringan. BNE Google Cloud dapat membuat proses ini lebih cepat dan lebih mudah dengan memungkinkan pengembang untuk menerapkan node baru dengan satu operasi dan menentukan wilayah dan jaringan yang diinginkan,” Google dalam pengumumannya yang dikutip Cointelegraph.

Layanan ini bermaksud untuk menempatkan node di belakang firewall cloud pribadi virtual, yang memungkinkan hanya mesin dan pengguna tepercaya untuk berkomunikasi dengan titik akhir.

Selain itu, layanan seperti Google Cloud Armor akan membantu melindungi node dari serangan penolakan layanan terdistribusi. Menjadi solusi yang terkelola sepenuhnya, BNE juga akan memiliki tim pengembang sendiri yang siap dipanggil untuk memantau potensi pemadaman.

Google telah aktif di sektor Web3 mengenai pengembangan bisnis. Sebelumnya, Google bermitra dengan Near Protocol untuk memberikan dukungan teknis bagi penerima hibah yang terakhir. Dua minggu sebelumnya, raksasa teknologi itu bekerja sama dengan Coinbase untuk membawa pembayaran kripto ke layanan cloud-nya.

Sejumlah perusahaan Web3 terkemuka, seperti Solana, Hedera, dan Dapper Labs, saat ini bergabung dengan Google Cloud. Perusahaan blockchain Layer-1 Aptos juga mengatakan bahwa waktu penyebaran node-nya telah dikurangi menjadi kurang dari 15 menit melalui integrasi Google Cloud-nya.