Apa Itu Dirty Bomb? Awas! Jangan Anggap Remeh
Apa Itu Dirty Bomb (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Pernah mendengar apa itu dirty bomb? Sebuah "Dirty bomb" seperti yang disebut oleh media adalah senjata teroris. Ini bukan bom "atom". Dirty bomb adalah senjata konvensional yang menggunakan bahan peledak konvensional (seperti dinamit atau TNT) untuk membubarkan atau menyebarkan bahan radioaktif. 

Bagian berbahaya dari senjata adalah bahan peledak itu sendiri, bukan radioaktivitas yang akan disebarkan. Maksud dari senjata tersebut adalah untuk menyebabkan kerusakan akibat ledakan dan menyebarkan ketakutan dan kepanikan dengan adanya radioaktivitas.

Haruskah Kita Takut Dengan Apa Itu Dirty Bomb?

Ilustrasi Dirty Bom (Unsplash)

Ya. Jika teroris menggunakan Dirty bomb, ledakan yang dihasilkan kemungkinan besar akan membunuh atau melukai orang dan merusak properti. Kita tidak perlu takut dengan radioaktivitas yang mungkin menyebar akibat ledakan tersebut. 

Setiap kematian yang disebabkan oleh bom akan menjadi akibat langsung dari ledakan dan tidak akan disebabkan oleh bahan radioaktif yang terlibat.

Mengapa kita tidak perlu takut dengan bahan radioaktif di dalam bom?

Teroris dihadapkan pada dilema teknologi saat membuat bom. Jika mereka menggunakan sumber energi tinggi yang besar yang mampu menciptakan dosis radiasi yang mematikan, mereka juga harus memasukkan sejumlah besar bahan pelindung kepadatan tinggi (seperti timah atau baja) dengan senjata. Penambahan perisai ini tidak hanya akan membuat bom lebih sulit untuk ditangani, tetapi juga akan lebih sulit untuk disembunyikan dan akan membutuhkan penggunaan alat berat dan alat penanganan jarak jauh.

Jika mereka tidak memasukkan perisai ini ke dalam desain bom, mereka akan mati akibat paparan radiasi yang dihasilkan sebelum mereka dapat menyelesaikan konstruksi bom. Meningkatkan jumlah pelindung untuk jenis sumber energi tinggi ini juga akan membantu menahan bahan radioaktif dan mencegah penyebaran radioaktivitas dalam ledakan. Karena itu, teroris dibatasi untuk menggunakan sumber energi tinggi yang lebih kecil atau sejumlah besar bahan energi rendah.

Mengapa menyebarkan materi mengurangi keefektifannya?

Ini seperti memecahkan batu. Jika seseorang melempar batu besar ke arah Anda, itu mungkin akan menyakitkan dan dapat menyebabkan kerusakan fisik. Jika mereka mengambil batu yang sama dan memecahnya menjadi butiran pasir dan kemudian mereka melemparkan pasir ke arah Anda, kemungkinan itu menyebabkan Anda mengalami kerusakan nyata secara signifikan lebih rendah. Prinsip yang sama ini akan berlaku untuk bahan radioaktif yang terdispersi dalam ledakan. Dispersi ini akan menurunkan tingkat radiasi ke tingkat seperti yang Anda temui dalam rontgen rutin di kantor dokter gigi Anda.

Apa yang harus kita lakukan jika kita berada di area di mana bom meledak?

Jika Anda selamat dari ledakan, jangan panik. Tetap tenang dan berikan bantuan kepada orang lain jika Anda mampu. Ikuti instruksi dari pekerja darurat ketika mereka tiba. Anda tidak akan tahu apakah bom tersebut mengandung bahan radioaktif sampai pekerja darurat tiba dengan alat pendeteksi radiasi. Jika ditentukan bahwa Anda terpapar bahan radioaktif, Anda akan menerima instruksi lebih lanjut oleh para ahli tentang proteksi radiasi tentang cara lebih lanjut menurunkan paparan Anda dari radioaktivitas.

Bisakah kita minum pil untuk melindungi diri dari radiasi?

Tidak terlalu. Potassium iodide (KI) adalah pil yang tersedia secara komersial dan dipasarkan sebagai "penangkal" radiasi. Ini tidak benar. Tidak ada obat tunggal yang akan melindungi seseorang dari paparan radiasi. 

Kalium iodida efektif dalam memberikan perlindungan untuk satu jenis bahan radioaktif tertentu yang tertelan atau terhirup. 

Potassium iodide secara khusus melindungi tiroid terhadap inhalasi atau konsumsi radioiodines jika diambil sebelum atau dalam waktu empat jam setelah paparan. 

Itu tidak melindungi organ lain atau seluruh tubuh dari efek paparan radioiodin atau radionuklida lainnya. Karena waktu paruhnya yang relatif pendek, radioiodine tidak mungkin digunakan dalam Dirty bomb. Efektivitas obat semakin berkurang jika Anda meminumnya setelah terpapar radioaktivitas.

Jadi setelah mengetahui apa itu dirty bomb, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!