Kebiasaan yang Bikin Boros Bensin Mobil: Awas! Jangan Anggap Remeh Beberapa Kegiatan Ini
Foto ilustrasi. (Gambar averie woodard-Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Memiliki mobil yang boros bahan bakar tentunya akan amat merepotkan. Selain berpengaruh pada pemanasan global juga berdampak membuat kanker (alias kantong kering) akibat saking borosnya pemakaian bahan bakar. Selain itu ada beberapa kebiasaan yang bikin boros bensin mobil juga. Seperti apakah itu?

Pasalnya, mobil-mobil saat ini memang sudah dilengkapi oleh beragam fitur yang dapat membantu untuk pengiritan bahan bakar. Namun, meski begitu apabila pemilik tak bisa menerapkan eco driving ya sama saja tetap boros. Oleh karenanya kalian harus menghindari beberapa kebiasaan di bawah ini;

Kebiasaan yang Bikin Boros Bensin Mobil

1. Telat Ganti Oli Mesin

Kebiasaan pertama yang kerap kali dilakukan oleh pemilik mobil ialah masalah ganti oli. Meskipun dianggap sepele namun dengan terlambatnya mengganti oli mesin mobil dapat berdampak boros, loh! Hal itu dikarenakan performa akan menjadi tidak maksimal jika dibiarkan terus menerus bekerja dengan oli mesin yang sudah tidak layak pakai.

Akibat pelumasan yang tidak maksimal tersebut akhirnya membuat mesin menjadi kasar yang jadi penyebab konsumsi bahan bakar menjadi boros.

2. Lupa Melepas Rem Tangan

Tuas yang lupa diturunkan ataupun tidak sempurna dilepas ketika mobil berjalan maka sudah tentu membuat mesin bekerja lebih keras. Perihal ini otomatis bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. Maka pastikan rilis tuas rem tangan secara sempurna saat sebelum memasukkan gigi buat berjalan.

3. Mengemudi Secara Agresif

Sangat susah memperoleh hasil konsumsi bahan bakar yang efektif bila pengemudi mengaplikasikan gaya mengemudi yang agresif. Akselerasi tiba-tiba, memacu mobil sampai rpm teratas kemudian rem mendadak, serta manuver kasar yang lain pasti menghabiskan bahan bakar yang lebih banyak.

4. Ban Kekurangan Angin

Banyak pendapat yang menyebut kalau tekanan angin pada ban mobil tidak boleh disepelekan. Tidak hanya bisa pengaruhi keselamatan saja, ban yang kurang angin alias kempis pula berakibat pada borosnya penggunaan bahan bakar.

Perihal ini diakibatkan karena tapak yang bersinggungan dengan permukaan aspal jadi lebih besar serta membuat mesin bekerja lebih berat.

Hasilnya tenaga yang mesti dihasilkan buat menggerakkan ban tersebut jadi lebih besar, yang maksudnya membutuhkan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

5. BBM Tidak Sesuai Rekomendasi

Keadaan mobil yang boros bensin bisa saja berlangsung sebab bahan bakarnya tidak sesuai anjuran pabrikan. Soalnya mobil harus diisi dengan bahan bakar sesuai nilai oktan yang dianjurkan pabrikan. Contoh seperti mobil merek A dianjurkan menggunakan Pertamax ya kalau dipaksakan pakai solar bakal ngaruh banget performanya.

Penggunaan bahan bakar yang sesuai bakal melindungi pembakaran pada mesin tetap maksimal sehingga mobil lebih efektif dalam perihal konsumsi bensin.

6. Kerap Berpindah-pindah Jalur

Berkali-kali menginjak kopling, gas dan juga rem secara konstan karena kemacetan tentunya akan membuat kaki sakit dan tidak nyaman.

Karena itulah biasanya orang bakal tergoda untuk berpindah jalur dengan tujuan memotong antrean. Faktanya, melakukan pindah-pindah jalur cuman memberi ilusi seolah kita dapat jalan yang lebih cepat. Padahal bisa berpeluang terjebak macet lainnya, oleh karenanya, mobil akan menguras lebih banyak bahan bakar.

Itulah beberapa kebiasaan yang harus kita hindari Ketika mengemudi di jalan. Jadi setelah mengetahui kebiasaan yang bikin boros bensin mobil, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!