Bagikan:

JAKARTA - Anak-anak modern sudah menerima perangkat di tangan mereka sejak usia muda dan mulai menjelajahi dunia maya sejak dini. Di sana mereka dapat menjelajahi dunia, menjalin pertemanan, bermain gim, dan belajar. 

Analisis Kaspersky Safe Kids yang dikumpulkan secara anonim mengungkapkan data terbaru tentang kueri penelusuran, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang paling banyak diminati anak-anak saat ini.

Selama Mei 2022 - April 2023, Kaspersky mengungkapkan bahwa aplikasi terpopuler di Android antara lain YouTube (33%), TikTok (18%), dan WhatsApp (18%). Roblox menempati posisi keempat (7%). 

Sedangkan di Windows, aplikasi yang paling populer adalah Google Chrome (46%), Microsoft Edge (13%) dan aplikasi komunikasi favorit anak-anak, Discord (10%).

Khususnya di Indonesia, aplikasi paling populer di Android untuk kalangan anak-anak adalah aplikasi Youtube (27.29%), WhatsApp (25.26%) dan kemudian disusul oleh TikTok (17.81%) di peringkat ketiga. 

Untuk Windows, aplikasi paling populer adalah Google Chrome (40,82%), Microsoft Edge (11.35%) dengan game Roblox menjadi aplikasi gim favorit di platform ini (10.5%).

Pada skala global, untuk YouTube, anak-anak paling sering menelusuri channel dan blogger yang menyajikan konten hiburan, tantangan, atau gaya hidup (19%). Kartun, acara TV, dan anime (17%) adalah topik terpopuler berikutnya. 

Tempat ketiga ditempati oleh pemain musik (15,7%). Blogger gim menyumbang 15,5% dari pencarian, dan konten gim sebesar 10%. MrBeast dan SSSniperWolf adalah yang paling tren di antara blogger dan channel.

Di antara kartun (46%), anak-anak paling sering menelusuri Miraculous: Tales of Ladybug & Cat Noir season 5, dan MSA previously My Story Animated. Chainsaw Man, Demon Slayer, dan One Piece menjadi pemimpin dalam jumlah permintaan anime (16%). Selanjutnya, film yang paling disukai anak-anak adalah Film Super Mario Bros., Black Panther: Wakanda Forever, Rock Dog 3: Battle the Beat.

“Tahun lalu kaya akan acara yang menarik bagi penonton kalangan anak-anak. Selain tema Evergreen yang secara konsisten populer di kalangan anak-anak, ada banyak cerita "musiman" yang terkait dengan rilis film animasi baru. Pada saat yang sama, semua tren ini sama pentingnya dan menarik bagi anak-anak, yang berarti orang tua juga dapat bergabung dan melihat lebih dekat untuk membangun hubungan yang lebih erat dengan sang buah hati," ujar Anna Larkina, pakar analisis konten web di Kaspersky. 

"Dalam hal ini, solusi asisten orang tua yang andal sangat bermanfaat selain menjaga keamanan anak-anak di jaringan, itu juga dapat menampilkan apa yang mereka minati” tambah Anna.