Bagikan:

JAKARTA - Laporan terbaru Kaspersky berdasarkan survei anonim yang bertajuk  “Raising the smartphone generation”, menganalisis penelusuran paling populer di kalangan anak-anak di platform seluler (Android) dan desktop (Windows).

Berdasarkan laporan tersebut, aplikasi Android yang paling banyak digunakan antara lain YouTube (28 persen), TikTok dan WhatsApp (masing-masing 15 persen) dan Instagram (hanya 9 persen). 

“Tren ini sangat penting dan menarik bagi anak-anak, memberikan kesempatan bagi orang tua untuk terlibat dan lebih memahami minat anak-anak mereka saat ini,” ujar Anna Larkina, pakar analis konten web di Kaspersky. 

Situasinya berbeda pada perangkat dengan sistem operasi Windows, karena di sana, anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di Google Chrome (36 persen), Microsoft Edge (13 persen) dan Microsoft Office (10 persen).

Sebagai aplikasi paling populer, YouTube mencerminkan tren dan minat utama di kalangan anak-anak saat ini. Tahun ini, influencer gim menerima bagian terbesar dari permintaan pencarian sebesar 21 persen. 

Sedangkan mengenai preferensi musik (17 persen), tren yang menonjol di kalangan anak-anak termasuk lagu BABYMONSTER - SHEESH dan JoJo Siwa - Karma serta campuran musik dari Nightcore. 

Kemudian untuk film (16 persen), anak-anak paling banyak menelusuri kartun, acara TV, dan serial. Kartun yang paling banyak diminta adalah My Story Animated, 1 second from animated movies dan Harzbin Hotel.

Sedangkan untuk serial, permintaan yang paling banyak dicari adalah Dhar Mann Studios, Queen of Tears dan Avatar the Last Airbender dari adaptasi Netflix.

“Solusi yang andal untuk pengasuhan anak secara digital dapat memainkan peran penting, tidak hanya dalam melindungi anak-anak saat online tetapi juga dalam mengungkap preferensi mereka,” tambah Anna.