Data Preferensi Online Anak-anak Seluruh Dunia pada Kuartal Awal 2022 Versi Kaspersky
Menjelajahi minat anak-anak paling populer antara periode Januari-Maret 2022 di seluruh dunia (foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai salah satu warga digital paling aktif di dunia, tidak heran jika kalangan anak-anak Indonesia antusias menjelajahi dunia digital itu sendiri.

Kaspersky yang baru-baru ini meluncurkan Kaspersky Safe Kids meninjau data yang dianonimkan, seperti kueri penelusuran, aplikasi Android paling populer, dan kategori situs web yang tersedia secara sukarela oleh pengguna Kaspersky Safe Kids, untuk menjelajahi minat anak-anak paling populer antara periode Januari-Maret 2022.

Berikut adalah minat dan preferensi anak-anak secara global menurut data Kaspersky:

Aplikasi

Menurut statistik, lima aplikasi paling populer di kalangan anak-anak secara umum termasuk YouTube (31,6 persen), pemimpin dalam hal waktu yang dihabiskan untuk digunakan oleh anak-anak selama beberapa tahun terakhir.

Kemudian muncul TikTok dan algoritma rekomendasinya sebesar 19 persen. Selanjutnya ini diikuti oleh WhatsApp (18 persen). Gim populer Roblox (7,5 persen), dan browser Chrome sebagai penutup lima besar (7,3 persen).

Pesaing terdekat Roblox, Brawl Stars, kehilangan sedikit popularitas dan hanya mengambil persentase sebesar 4,8 persen Menariknya, YouTube Kids, aplikasi khusus untuk anak-anak justru tidak begitu populer, dengan pangsanya yang hanya sebesar 2,1 persen.

Bagaimana dengan preferensi?

Jika melihat statistik terkait permintaan anak-anak di Kaspersky Safe Kids, gambarannya adalah sebagai berikut:

Anime

Di antara kartun Jepang, anak-anak memiliki ketertarikan paling besar terhadap “Naruto” dan “My Hero Academia”. Seri pertama menceritakan kehidupan seorang ninja remaja yang aktif Naruto Uzumaki, yang bermimpi untuk mencapai pengakuan universal dan menjadi 'The Hokage' – yaitu ninja terkuat. Kartun itu ternyata sangat populer di kalangan remaja, dan akhirnya, sebanyak 220 episode difilmkan. Sekuelnya, Naruto: Shippuuden, menceritakan kisah protagonis dewasa. Itu berakhir setelah episode ke-500.

Serial animasi kedua, My Hero Academia, mengenai Izuku Midoriya, seorang anak laki-laki yang lahir tanpa kekuatan super dimana kekuatan super telah menjadi hal biasa di dunia, tetapi masih bercita-cita menjadi pahlawan.

Blogger

Mereka adalah para opinion leader bagi banyak kalangan anak-anak yang kerap diikuti dan ditiru. Bloggers telah membantu banyak anak untuk belajar tentang dunia dan menemukan teman di antara orang-orang yang berpikiran sama. Di bawah ini, kami menyoroti beberapa yang paling populer, berdasarkan kueri penelusuran anak-anak. Penting untuk dicatat bahwa hampir semua blogger juga memiliki akun di beberapa jejaring sosial populer, sehingga dapat dilihat di platform lain (Instagram, TikTok, Twitter, Snapchat, dan lain-lain).

  • Sssniperwolf – blogger populer yang merekam konten menghibur tentang berbagai topik. Fokus utama mereka adalah pada sketsa atau tantangan lucu.
  • Nikocado Avocado – menyebut dirinya "Raja Mukbang". Mukbang adalah gaya video di mana blogger memakan banyak makanan di depan kamera dan mengobrol dengan audiens. Ini mungkin tampak aneh pada awalnya, tetapi sesi seperti itu sering menjadi pembahasan populer atau topik terkenal.
  • Piper Rockelle – tinggal di Hollywood dan merekam berbagai konten hiburan, tantangan, dan pembicaraan tentang hidupnya.
  • Michou – adalah blogger Prancis populer yang memfilmkan berbagai macam konten hiburan. Ini bisa berupa reaksi terhadap video lain, lelucon, berbagai tayangan program bersama, dan opsi lainnya.
  • Brent Rivera – merekam berbagai konten, seperti lelucon, eksperimen atau tantangan, cerita tentang hidupnya, serta berbagai kolaborasi dengan blogger lain.

DIY – Do it yourself

Kategori video populer di mana pencipta konten menunjukkan cara membuat produk dengan panduan langkah demi langkah. Itu bisa apa saja mulai dari sangkar burung hingga merakit komputer atau furnitur taman. Video ini sangat populer, karena dapat digunakan untuk memulai hobi yang menarik hingga menemukan orang yang berpikiran sama. Di antara permintaan yang paling sering dalam kategori anak-anak meliputi:

5 Minute Craft menjadi aluran dengan banyak pelanggan (76,3 juta). Kumpulan video yang menjelaskan bagaimana pengguna dapat membuat hampir semua hal dengan tangan mereka sendiri - mulai dari memperbaiki keran di dapur hingga menjahit pakaian untuk boneka atau cara bersenang-senang dengan sains.

Pendidikan

Jejaring dan platform sosial modern berisi berbagai macam konten pendidikan. Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui mata pelajaran yang diminati anak-anak Anda, sehingga Anda dapat lebih memahami mereka.

Di antara kueri paling populer dalam kategori Pendidikan:

  • Geometry Dash– permainan komputer 2D yang populer. Gameplaynya terdiri dari melewati level dengan banyak rintangan untuk musik berirama. Selain level bawaan, pemain dapat membuatnya sendiri dan mengunggahnya untuk diselesaikan oleh pemain lain.
  • Kurzgesagt In a Nutshell– saluran YouTube yang menjelaskan sains dan dunia tempat kita hidup dengan grafik yang menyenangkan dan menarik.

Permintaan terkait gim

  • MrBeast – blogger gim populer dengan hampir 93,6 juta pelanggan di YouTube. Dia telah dikreditkan dengan mempelopori genre video YouTube yang berpusat pada aksi mewah. Saat ini, isi kontennya lebih berfokus kepada hiburan.
  • Minecraft – salah satu permainan paling populer di kalangan anak-anak. Inti dari permainan ini sangat sederhana - para pemain berada di dunia tiga dimensi yang sederhana dan dapat membangun dengan bebas, menciptakan struktur kompleks dari kubus ini. Terdapat komunitas besar penggemar untuk game ini, dan banyak blog populer di berbagai platform seperti YouTube atau Twitch. Misalnya, DanTDM, Jelly, theAtlanticCraft. Untuk Twitch, yang paling populer adalah TommyInnit, LyonWGFClub, RanbooLive.
  • Roblox adalah platform multipemain online yang memungkinkan pengguna untuk memainkan game yang telah mereka buat serta game dari pengguna lain. Platform ini menampilkan game buatan pengguna dan dunia virtual, mulai dari balap tradisional dan RPG hingga simulasi dan rintangan. Game ini juga dikhususkan untuk sejumlah besar blog dan blogger. Contoh: Noquia2013, Ulove 11, Sasseh
  • Brawls Stars– permainan multi pemain, yang tujuannya adalah untuk maju di sepanjang jalan piala permainan, berpartisipasi dalam pertempuran dengan pemain lain, serta menemukan dan memperbaiki karakter baru yang dapat dimainkan dengan kemampuan dan karakteristik unik. Saluran Twitch populer untuk game ini termasuk BrawlsStars, TheAlvaro845, Trebor.

Memes

‘Meme animasi' adalah permintaan meme paling populer di kalangan anak-anak. Mereka biasanya merupakan animasi pendek dari karakter yang menari atau bernyanyi bersama musik dengan maksud untuk disebarkan atau diulang oleh animator lain dengan karakter mereka sendiri. Beberapa contoh dapat ditemukan di sini, di sini, atau di sini. Contoh meme yang paling banyak dicari adalah kucing Beluga. Setidaknya, banyak orang telah melihat meme ini untuk satu kali.