Untuk Pastikan Anak Anda Jelajahi Dunia Maya dengan Positif, Pakar  Web  Berikan Saran Ini
Acara Oscars, Backrooms dan PSY jadi tayangan favorit yang dicari anak-anak pada Musim Semi 2022 (Foto: Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Baru-baru ini Kaspersky Safe Kids merilis riset terbarunya tentang program acara yang diminati dan paling banyak dilihat anak-anak dalam periode Maret hingga Mei 2022.

Riset tersebut menunjukkan bahwa untuk acara populer, tamparan Oscar Will Smith yang terkenal secara global menarik perhatian anak-anak dan dibahas secara luas sepanjang musim semi. Selain itu, sidang perceraian Johnny Depp dan Amber Heard, dan spekulasi tentang pasangan selebriti Spiderman, Zendaya dan Tom Holland, menjadi topik budaya pop yang sedang tren. 

Di segmen gim juga terjadi beberapa perubahan kecil selama musim semi. Salah satu kasus yang menarik adalah gim The Backrooms menjadi gim populer di kalangan anak-anak dalam beberapa bulan terakhir. Sementara itu, gim 'Among US' telah mengalami penurunan selama beberapa bulan terakhir, dengan hampir semua anak kehilangan minat terhadapnya.

Di segmen musik paling populer di YouTube, lagu ‘That That’ oleh solois asal Korea PSY dan berkolaborasi bersama SUGA dari grup BTS menjadi musik yang banyak didengarkan oleh anak-anak. Sementara di kategori film, 'The Bad Guys', 'Sonic the Hedgehog 2', 'Rock Dog 2' dan 'Heartstopper' menjadi film yang paling banyak ditonton.

Untuk memastikan anak-anak memiliki pengalaman online yang positif, Kaspersky merekomendasikan hal-hal berikut kepada orang tua:

  • Libatkan diri Anda dalam aktivitas online anak-anak sejak usia dini, sehingga dapat menetapkan norma yang berlaku. Selain itu, Anda juga dapat membimbing mereka beraktivitas online dengan aman.
  • Pertimbangkan untuk mengunduh aplikasi kontrol orang tua dan aktif mendiskusikan topik tersebut dengan anak untuk menjelaskan cara kerjanya dan mengapa aplikasi tersebut diperlukan agar tetap aman saat online
  • Jadikan pembicaraan tentang keamanan siber lebih menyenangkan dan menarik dengan mendiskusikannya bersama anak melalui permainan dan cara lainnya yang menghibur.
  • Luangkan lebih banyak waktu untuk berkomunikasi dengan anak-anak Anda tentang langkah-langkah keamanan online. Coba perhatikan kebiasaan Anda sendiri. Apakah Anda menggunakan ponsel cerdas saat makan atau mengobrol? Lihat apakah ada pola anak-anak yang meniru kebiasaan Anda? Apakah mereka bereaksi dengan cara yang berbeda ketika Anda menyimpan ponsel Anda?
  • Minta anak Anda untuk tidak menyetujui pengaturan privasi apa pun dan meminta bantuan Anda sebagai gantinya. Orang dewasa harus membiasakan diri membaca semua perjanjian privasi.